Sukses

"20 Pesona Wajah Indonesia" Sambut HUT SCTV

SCTV menyiapkan 20 FTV spesial dalam rangka menyambut HUT ke-20. Karya yang mengangkat cerita masyarakat dengan beragam kebudayaan ini digarap oleh sejumlah sineas terkemuka Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta: Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-20 SCTV pada Agustus mendatang, televisi bermoto Satu untuk Semua ini menyiapkan berbagai acara spesial untuk pemirsa setia, termasuk 20 judul film televisi (FTV). Program bertajuk "20 Pesona Wajah Indonesia" ini akan menghadirkan sejumlah cerita unik masyarakat lokal sebagai potret nyata kondisi Indonesia saat ini. Kumpulan film tersebut direncanakan tayang berturut-turut sepanjang Juli-Agustus 2010.

Uki Hustama, Kepala Departemen Humas SCTV mengatakan "20 Pesona Wajah Indonesia" digarap secara serius oleh sejumlah sineas berpengalaman. Dengan teknik sinematografi handal, para penonton akan dibuat takjub oleh maha karya ini. "Lewat program ini kami mencoba menghadirkan cerita unik dan menarik dari 20 kebudayaan yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia," ucap Uki di Jakarta, Selasa (30/3).

Kambing Daliman, satu dari "20 Pesona Wajah Indonesia" kini sudah mulai digarap. Berlokasi di Desa Kedung Miri, Imogiri, Yogyakarta, film ini berpusat pada tokoh Daliman, seorang buruh kasar asal Bantul. Dikisahkan pria yang sehari-hari bekerja di Pasar Bringharjo itu berharap banyak dari kunjungan kerja Bupati setempat bernama Bintoro.

Sebelumnya, Daliman mengenal Bintoro sebagai seorang sutradara yang pernah datang ke Desa Kedung Miri. Pada saat itu, Bintoro yang akan melakukan syuting sempat berutang seekor kambing pada Daliman. Konflik cerita mulai terjadi saat para aparat desa mencari-cari Daliman karena khawatir sang buruh akan menagih hutang pada Bupati.

Judul lain yang akan digarap adalah Wagina Berbicara. Karya Arswendo Atmowiloto yang digarap sutradara Dedi Setiadi ini menceritakan seorang buruh pabrik cantik bernama Wagina. Buruh yang terus ditimpa cobaan ini diceritakan melarikan diri karena panik. Gina dituduh telah menusuk suaminya sendiri yang dikenal senang melecehkan perempuan.

Selain kedua judul tersebut, "20 Pesona Wajah Indonesia" memunculkan judul unik lainnya, antara lain Ericka garapan sutradara Upi Avianto, Jalur Cianjur besutan Rako, Maafkan Saya Pak Menteri yang akan dikerjakan Imam Tantowi di Bogor, serta Sepatu Bola yang menceritakan kehidupan suku di Papua. Judul lainnya juga tengah disiapkan dengan mengusung beberapa sineas seperti Enison Sinaro, Aria Kusumadewa, dan Chaerul Umam.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.