Sukses

Roman Polanski Bebas Secara Mengejutkan

Sutradara Roman Polanski (76) dinyatakan bebas di Swiss, Senin (12/7) waktu setempat dari tuntutan hukum atas pemerkosaan seorang gadis 13 tahun.

Liputan6.com, Gstaad: Sebuah putusan yang mengejutkan. Sutradara Roman Polanski (76) dinyatakan bebas di Swiss, Senin (12/7) waktu setempat. "Polanski sekarang bebas," kata Menteri Kehakiman Swiss Eveline Widmer-Schlumpf.  Ia kini tak menjadi tahanan rumah di vila Alpine, setelah pihak berwenang Swiss menolak permintaan ekstradisi AS atas pemerkosaan gadis 13 tahun yang dituduhkan.

Ia tak lagi menjadi tahanan rumah. Swiss, tempat Polanski ditangkap September silam saat menerima penghargaan prestasi seumur hidup di festival film Zurich, menyatakan, "Ada kesalahan dalam permintaan ekstradisi AS."

Dengan begitu, Swiss mengakhiri pengejaran panjang Amerika Serikat atas Polanski yang selama ini menjadi buronan. Sejak 1977, ia kabur dari tuntutan hukum itu. Selain itu, Polanski dijerat dengan sejumlah tuduhan: perkosaan dengan menggunakan obat-obatan, menganiaya anak, dan sodomi.

Polanski telah menghasilkan sejumlah film yang banyak dipuji. Misalnya, The Pianist dan Oliver Twist. Ia mempunyai dua kewarganegaraan: Prancis dan Polandia. Prancis, tempatnya tinggal selama ini, tak mengekstradisi warganya. (AP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.