Sukses

Roman Polanski Masih Bisa "Berkeliaran" di Eropa

Kendati masih dalam pengejaran pihak berwenang Amerika Serikat, sutradara Roman Polanski bisa bebas berkeliaran di beberapa negara Eropa setelah pengadilan Swiss menolak permohonan ekstradisi negara adidaya tersebut.

Liputan6.com, Jenewa: Kendati masih dalam pengejaran pihak berwenang Amerika Serikat, sutradara Roman Polanski bisa bebas berkeliaran di beberapa negara
Eropa yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan negara adidaya tersebut. Demikian dikatakan pengacaranya Georges Kiejman di Jenewa, Swiss, Selasa (14/7). 

"Polanski bebas berjalan-jalan di Swiss, Perancis, dan Polandia karena negara tersebut tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Washington," kata Kiejman. Sutradara The Ghost Writer (2010) itu mungkin akan hadir di Festival Cannes, tapi dipastikan absen dalam ajang penghargaan seperti Cannes atau Venice.

Senin lalu pengadilan Swiss memutuskan menolak permohonan ekstradisi pemerintah AS menyangkut kasus pemerkosaan gadis 13 tahun, pada 1977. Alhasil Polanski tidak lagi menjalani tahanan rumah, bahkan keputusan tersebut juga dikuatkan Menteri Kehakiman Swiss Eveline Widmer-Schlumpf.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini