Sukses

Film Terbaik Oscar Akan Ada Efek Kejutan

Panitia Oscar memutuskan menerapkan sistem penjurian baru yang membuat daftar nominasi film terbaik akan terdiri atas lima hingga sepuluh film.

Liputan6.com, Hollywood: Pemilihan film terbaik di ajang Piala Oscar tahun depan akan menyuguhkan kejutan baru, demikian disampaikan panitia. Panitia Oscar memutuskan menerapkan sistem penjurian baru yang membuat daftar nominasi film terbaik akan terdiri atas lima hingga sepuluh film. Jumlah film yang masuk nominasi film terbaik tidak akan diumumkan sampai panitia selesai merampungkan penilaian film untuk semua kategori.

Dalam pernyataan tertulis, panitia Oscar mengatakan sistem baru tersebut memungkinkan adanya unsur kejutan di malam penyelenggaraan Oscar. Panitia mengatakan mereka telah mempelajari sistem penjurian untuk pelaksanaan Oscar dalam beberapa tahun terakhir.

"Apa yang terungkap adalah anggota panitia selalu menghasilkan lebih dari lima film untuk kategori film terbaik," kata Bruce Davis, ketua panitia Oscar, seperti dikutip BBC Indonesia, Kamis (16/6). "Film yang masuk kategori ini harus memiliki kualitas yang luar biasa," imbuh Davis.

Menurut Davis, kalau hanya ada delapan film yang bisa dinominasikan sebagai film terbaik, panitia tidak semestinya memaksakan diri menambah film hingga sepuluh buah.

Jika sistem penilaian baru ini diterapkan antara 2001 hingga 2008, sebelum kategori film terbaik ditambah menjadi sepuluh nominasi, maka akan ada penyelenggaraan Oscar di mana hanya ada lima hingga sembilan film untuk kategori film terbaik. Bulan lalu muncul laporan panitia Oscar berencana mengganti sistem penilaian melalui surat dengan pemungutan suara secara online.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini