Sukses

FTV Awards SCTV, Apresiasi untuk Insan Pertelevisian

SCTV menambah ajang penghargaan tahunannya dengan menggelar FTV Awards 2011, untuk pertama kalinya. FTV Awards merupakan ajang penghargaan bagi karya film televisi dan insan pertelevisian.

Liputan6.com, Jakarta: SCTV menambah ajang penghargaan tahunannya dengan menggelar FTV Awards 2011 untuk pertama kalinya. FTV Awards merupakan sebuah ajang penghargaan bagi karya film televisi dan insan pertelevisian yang berkiprah dalam karya film televisi di SCTV.

Konferensi pers tentang FTV Awards ini digelar di Senayan City, Jakarta, Kamis (7/7) sore, dihadiri Direktur Programming dan Produksi SCTV Harsiwi Ahmad, juga Kadiv Produksi SCTV John Fair. Hadir juga sejumlah artis dan anggota dewan juri seperti Djenar Maesa Ayu, Mayong Suryo Laksono, Maman Suherman dan Aksan Sjuman.

"Meskipun FTV bukan hanya SCTV yang menayangkan, tapi pionernya adalah SCTV," ucap Harsiwi. "Itulah yang menyebabkan kenapa SCTV mengadakan FTV Awards. Ini adalah yang pertama di TV dan diadakan di Indonesia," tambahnya.

SCTV merasa, FTV merupakan salah satu program yang sangat luar biasa popularitasnya, pertama dari sisi jumlah penonton, kedua dari sisi jumlah tayangannya. Jumlah jam tayang FTV jauh lebih besar dari sinetron. Menurut Harsiwi, SCTV menayangkan sekitar 1.000 judul per tahun.

Dalam ajang ini, bukan hanya artisnya saja yang akan mendapatkan penghargaan, tetapi semua pihak yang terlibat dalam pembuatan FTV. Dari nominasi yang telah disampaikan, menunjukkan bahwa FTV menghargai semua insan perfilman.  

"FTV Awards ini sebenarnya telat diadakan, karena FTV merupakan jembatan artis layar lebar untuk memasuki industri pertelevisian, yang tadinya artis layar lebar tidak mau masuk ke dunia pertelevisian, dengan adanya FTV Awards mereka mau," ucap Maman Suherman, salah seorang anggota dewan juri.

Sementara itu, aktris Kirana Larasati yang ditanya pendapatnya mengenai FTV Awards oleh Valerina Daniel selaku moderator mengatakan, "Saya di sini bukan untuk dihargai, cukup mendapat apresiasi dari masyarakat saya sudah sangat senang, dan ini merupakan jembatan bagi saya untuk bisa kembali ke film layar lebar, sebagai ajang latihan saya."

"Jangan membuat kemenangan, tapi buatlah sebuah karya", tandas Kirana.

Dalam ajang penghargaan pertamanya, FTV Award terbagi dalam 18 kategori yang terbagi menjadi 2 kategori besar, yakni 12 kategori terbaik dan 6 kategori terfavorit.

Kategori terbaik dipilih para juri FTV Awards yakni Mathias Muchus selaku ketua panitia, Mayong Suryo Laksono, Upi, Roy Lolang, Djenar Maesa Ayu, Maman Suherman dan Aksan Sjuman. Sementara kategori terfavorit dipilih berdasarkan poling pemirsa SCTV.

Para juri kategori terbaik bertugas untuk menyeleksi 381 FTV menjadi 20 FTV yang menjadi nominasi, dan penilaian tersebut masih akan terus berlangsung sampai malam penganugerahaan penghargaan, 14 Juli 2011 pekan depan.

Acara puncak yang akan digelar di Balai Sarbini, Jakarta ini akan diramaikan oleh artis-artis populer antara lain, Ungu, Armada, Syahrini, Anang & Ashanty, Andien, Lyla, Zigaz, Astrid, The Cangcuters, Cherrybelle, 7 Icon, Teamlo, dan Demian. (MLA)

Kategori terbaik FTV Awards meliputi:
1. Pemeran Utama Wanita terbaik
2. Pemeran Utama Pria terbaik
3. Pemeran Pembantu Pria terbaik
4. Pemeran Pembantu Wanita terbaik
5. Sutradara terbaik
6. Penata musik terbaik
7. Editor terbaik
8. Penulis skenario terbaik
9. Penata suara terbaik
10. Penata artistik terbaik
11. Penata kamera terbaik
12. FTV terbaik


Kategori terfavorit FTV Awards meliputi:
1. Pemeran pria terfavorit
2. Pemeran wanita terfavorit
3. Pemeran pembantu pria terfavorit
4. Pemeran pembantu wanita terfavorit
5. Theme song terfavorit
6. FTV terfavorit



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini