Sukses

Menikmati Eropa Lewat Europe on Screen 2009

Memasuki tahun kesembilannya, Europe on Screen (EOS) 2009 hadir dengan tema "Faces of Europe". EOS 2009 ingin mengajak penontonnya lebih dekat dengan Eropa lewat tema lebih luas di antaranya politik, sejarah, makanan, musik, serta humor.

Liputan6.com, Jakarta: Anda para penggemar film, khususnya film-film Eropa, tentu tidak asing lagi dengan Europe on Screen  (EOS) atau yang lebih dikenal dengan Festival Film Eropa. Memasuki tahun kesembilannya, EOS 2009 hadir dengan tema "Faces of Europe". EOS 2009 ingin mengajak penontonnya lebih dekat dengan Eropa lewat tema lebih luas meliputi politik, sejarah,  makanan, musik, perjalanan, video game, keluarga, dan humor.

"Film ini bertujuan menampilkan keanekaragaman budaya, sosial, dan etnis yang merupakan karakteristik Eropa," ucap Duta  Besar/Kepala Delegasi Komisi Eropa, Julian Wilson.

Film-film yang disuguhkan terbagi dalam enam seksi, yaitu Modern Times berisi mengenai berbagai persoalan sosial dan menjadi  penanda lahirnya masa modern mulai pengangguran, kesulitan ekonomi, benturan peradaban dan politik radikal. Sementara Blast  from the Past, lewat lima filmnya mengambil latar sejarah peradaban Eropa dalam keadaan baik maupun buruk.

Ada pula seksi Escape Europe yang terdiri dari dokumenter dan film fiksi yang memiliki unsur perjalanan dan hiburan. Krisis  emosi manusia, hubungan cinta dan persahabatan, ataupun persoalan emosi dan fisik lainnya dihadirkan dalam delapan film yang  tercakup di seksi European Drama. Sedangkan tujuh film berfokus pada cerita fiksi dipenuhi humor dalam seksi Europe Laugh!.  Pun demikian dengan sembilan film pendek dalam Best European Shorts 1 & 2 yang akan memeriahkan EOS 2009.

Sebanyak 42 film panjang dan pendek Eropa serta 11 film pendek Indonesia akan ditayangkan secara gratis bagi penggila film di Indonesia. Di Jakarta, EOS 2009 akan diadakan mulai 6-13 November 2009. Di luar Jakarta, EOS 2009 hadir berlangsung di delapan kota seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banda Aceh, Denpasar, Semarang, Medan, dan Makassar. Tiket dapat diambil 30 menit sebelum film dimulai. Anda tertarik menonton?(YNI/ANS)

Berikut lokasi pemutaran film di Jakarta dan delapan kota lainnya:

1. Blitz Megaplex (khusus malam pembukaan EOS 2009)
2. GoetheHaus
3. Instito Italiano di Cultura
4. Centre Culturel Francais, Jakarta
5. Erasmus Huis
6. Centre Culturel Francais, Bandung
7. Gedung Pengadilan Semu, Fakultas Hukum, Universitas Sumatra Utara
8. Europe House, Banda Aceh
9. LIP, Yogyakarta
10.CCCL, Surabaya
11.Alliance Francaise de Denpasar
12.Gedung Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang
13.Aula Mattulada (H33)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini