Sukses

Serdadu Kumbang, Meraih Cita-cita Tanpa Lelah

Dalam film tersebut dikisahkan tiga bocah yang berkeinginan kuat meraih cita-cita, meski dengan segala keterbatasannya. Sarat moral dan bagus untuk anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta: Film Serdadu Kumbang mulai diputar di sejumlah bioskop di Tanah Air. Bercerita soal persahabatan tiga bocah--Amek, Umbe, dan Acan, di sebuah perbukitan di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Dalam film tersebut dikisahkan tiga bocah yang berkeinginan kuat meraih cita-cita, meski dengan segala keterbatasannya. "Namun, Amek tak mau menceritakan apa cita-citanya kepada siapa pun, termasuk guru kesayangannya. Dia hanya mau bercerita kepada kudanya," ujar Nia Zulkarnaen, produser film tersebut, baru-baru ini.

Namun Amek yang menderita bibir sumbing tidak menyerah. Dia terus berusaha meraih cita-citanya meski hidup sederhana bersama ibunya dan kakaknya, sejak ditinggal ayahnya pergi merantau ke Malaysia.

"Kami memang ingin menceritakan soal pendidikan di Indonesia. Bahwa semua anak harus mempunyai kesempatan yang sama dalam dunia pendidikan," tambah Ari Sihasale, sutradara dan produser Serdadu Kumbang.

Alenia Fictures selaku rumah produksi, kata Ari, juga ingin memperlihatkan kepada semua orang bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta. Tapi juga dari Sabang sampai Merauke. Itulah sebabnya, mereka mengambil gambar di berbagai daerah di Indonesia bagian timur untuk sejumlah film yang sudah diproduksi. Khusus untuk Serdadu Kumbang, mereka memilih Sumbawa Barat.

Sejumlah aktor dan aktris, seperti Lukman Sardi, Dorman Borisman, Putu Wijaya, Titi Sjuman, dan Surya Saputra tampil dalam film tersebut. Sedangkan tiga sahabat cilik diperankan Yudi Miftahudin sebagai Amek, Aji Santosa sebagai Umbe, dan Fachri Azhari sebagai Acan. "Senang bisa main di film ini," ujar Yudi Miftahudin, yang ketika diwawancarai sudah menjalani operasi bibir sumbing.

Penonton yang sudah menyaksikan film tersebut mengaku senang. Sebab, mereka mempunyai alternatif film mendidik untuk anak-anaknya. "Bagus banget buat edukasi anak-anak," ujar Yayuk. Apalagi saat ini banyak film bertema horor yang tidak pas untuk anak-anaknya.

Lantas, apa sebenarnya yang menjadi cita-cita Amek? Ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk menyaksikan film Serdadu Kumbang. Sarat pesan moral dan baik untuk anak-anak.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.