Sukses

Hasil Kesimpulan MUI Soal Praktik Pengobatan UGB

Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengeluarkan pengumuman tentang hasil temuan dari praktik pengobatan Ustad Guntur Bumi.

Liputan6.com, Jakarta Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengeluarkan pengumuman tentang hasil temuan dari praktik pengobatan Ustad Guntur Bumi (UGB) yang belakangan ini memicu kontroversi.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan, mengatakan kalau pihaknya sudah mengeluarkan butir-butir kesimpulan yang akan dijalankan oleh UGB. Berikut, butir kesimpulan yang sudah dibuat oleh MUI:

1. Bacaan dan doa dalam praktik rukiyah UGB dan penggunakan herbal harus tetap terjaga bersih dari kemusyrikan.

2. UGB akui terdapat penyimpangan zakat, infaq, dan sadakah sebagai salah satu syarat dalam melakukan pengobatan. MUI minta untuk zakat, infak, dan sadakah harus benar-benar sesuai asnah Islam, distribusinya mustahak.

3. Dalam praktik pengobatan UGB harus di ruang terbuka, dan hindari halwat seperti kalau laki-laki yang berobat ya diobati dengan laki-laki juga, perempuan ya perempuan.

4. Kalau ada pasien yang merasa dirugikan tolong UGB selesaikan secara arif, bijak, dengan ke depankan prinsip musyawarah dan dengan fakta-fakta.

5. Dalam pengobatannya nanti, UGB akan dibimbing dan dibina oleh MUI selama enam bulan secara intens. Dan laporkan pengobatannya.

6. Jika dikemudian hari ada hal-hal yang tidak sesuai dalam pengobatannya baik dalam arti fatwa MUI tentang mengenai perdukunan dan peramalan, kriteria 10 aliran sesat MUI, maka dia siap terima fatwa sesat, dan bersedia terima sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini