Sukses

Kisah Hidup Kurt Cobain Jadi Mata Pelajaran Sekolah

Kisah hidup Kurt Cobain dan bandnya, Nirvana juga dipastikan bakal diadaptasi ke dalam sebuah komik garapan Jayfri Hashim.

Liputan6.com, Los Angeles, Amerika Serikat Setelah dituangkan ke dalam film bertajuk 'Last Days', kisah hidup Kurt Cobain dan bandnya, Nirvana juga dipastikan bakal diadaptasi ke dalam sebuah komik garapan Jayfri Hashim. Dikutip dari harian Ace Showbiz, Jumat (28/3/2014), komik yang belum diketahui judulnya ini akan dirilis melalui format buku dan digital pada 2 April 2014 mendatang.

"Ini adalah cara hebat untuk memberitahu publik betapa besar kontribusi yang ia (Kurt Cobain) berikan kepada industri musik. Selain itu, komik ini juga akan menjadi media yang tepat bagi anak-anak untuk mengenang Kobain melalui level yang berbeda." ucap petinggi Blue Water Productions, Darren G. Davis.

Komik ini juga akan menjadi bahan pembelajaran di beberapa sekolah di sana.

"Komik biografi ini memang ditujukan untuk pelajar dan pembaca umum." lanjutnya.

Sebelumnya, Blue Water Productions sudah meluncurkan beberapa komik biografi tokoh lain seperti Jimi Hendrix, John Lennon, Paul McCartney, Jim Morrison, dan Keith Richards. Kedepannya, mereka berencana untuk merilis biografi Freddie Mercury dan anggota Monty Python.

Mengenang Sang Legenda Grunge, Kurt Cobain

5 April 1994 akan selalu menjadi hari paling menyedihkan dalam sejarah musik grunge. Betapa tidak, di hari itulah sang legenda grunge, Kurt Cobain menghembuskan nafas terakhirnya.

Ya, siapa yang tidak mengenal vokalis yang satu ini. Karirnya dimulai saat dirinya bersama sang band, Nirvana merilis album pertama yang berjudul Bleach di tahun 1985. Walau belum bisa dinyatakan sukses, namun singlenya yang bertajuk Love Buzz berhasil meraih perhatian banyak penikmat musik pada saat itu.

Setelah lama menanti, Kejayaan pun benar-benar datang menghampiri mereka saat album kedua yang bertajuk Nevermind, diluncurkan pada tahun 1991. Sejak saat itu, single-single macam Smells Like Teen Spirits, In Bloom, Come As You Are, Polly, Lithium, Drain You, hingga lagu dramatik berjudul Something In the Way pun berhasil membuat Nirvana menjelma menjadi legenda, bahkan hingga saat ini.

Sayangnya kesuksesan ini harus dibayar mahal saat Kurt mulai semakin kecanduan obat-obatan. Dan selain itu, sakit tak tertahankan yang sering dia alami di perutnya tersebut juga memaksanya untuk sering membatalkan banyak konser yang telah terjadwalkan sebelumnya.

Namun hal ini sama sekali tak sanggup memadamkan kepopuleran yang dimiliki oleh band yang beranggotakan Kurt Cobain (Vokal, Gitar), Krist Novoselic (Bass), dan Dave Grohl (Drum) tersebut.

Pada tahun 1993, Nirvana kembali mengeluarkan album berjudul In Utero yang mengangkat lagu Heart-Shaped Box sebagai single pertamanya. Dan tak hanya itu, di akhir tahun kala itu, mereka juga menyempatkan diri untuk membuat album Unplugged bersama MTV.

Hanya saja, alih-alih hidup bahagia dengan kekayaan yang dimilikinya, Kurt justru semakin terpuruk dengan isu obat-obatan serta rasa depresi yang menimpanya. Hubungan pernikahannya dengan Courtney Love yang telah mengaruniai seorang wanita cantik bernama Frances Bean Cobain pun tak sanggup untuk meyakinkannya agar tetap hidup.

Kurt Cobain akhirnya tewas dengan menembak kepalanya sendiri pada 5 April 1994. Dan hingga kini, namanya tetap dikenang sebagai legenda.

Tak hanya di dunia musik dan buku, Kisah hidupnya yang menarik juga berulang kali dijadikan sebuah film. Sebut saja The Last Day karya Gus Vant Sant yang dibuat pada 2005; dan film dokumenter terbaru berjudul About A Son yang akan segera dirilis pada akhir 2014 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini