Sukses

Mantan Pegawai Ungkap Tipu Daya Guntur Bumi pada Para Pasien

Hal itu dibeberkan oleh mantan pegawai UGB, Yunita Suwardani.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap hari pengobatan alternatif milik Guntur Bumi selalu ramai dikunjungi pasien yang mengeluhkan berbagai macam penyakit. Namun bukannya diobati, justru para pasien malah menjadi korban penipuan mantan suami Puput Melati tersebut.

Hal itu dibeberkan oleh mantan pegawai UGB, Yunita Suwardani. Menurut cewek yang empat tahun bekerja untuk UGB ini, Guntur Bumi kerap melakukan tipu daya kepada para pasien. Keluhan sakit keras dan ringan, selalu dikait-kaitkan dengan hal-hal mistik.

"Pasien dari yang ringan sampai kronis ya pasti dibilang santet dan terkena ilmu hitam. Jadi ditakut-takuti pasiennya. Mereka jadi merasa tersugesti," ceplos Yunita di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (4/4/2014).

Untuk meyakinkan para pasien, Guntur Bumi dibantu para santri untuk menaruh benda-benda aneh di kepala pasien. Dengan begitu, pasien yang mengetahui di kepalanya terdapat benda seperti jarum, ulat dan duri ikan langsung percaya.

"Di ruangan itu saya lihat banyak benda yang dipersiapkan Guntur Bumi. Ada ulat pakan burung, kecoa, tulang ayam, duri ikan, jinten hitam yang butiran. Terus dia bilang sisik ular, sebenarnya adalah kulit salak yang dikeringkan dan dipotong kecil," paparnya.

Selain itu, mengenai pengakuan pasien yang melihat pocong-pocongan di tempat UGB juga merupakan rekayasa yang dibuat pemilik nama Susilo Wibowo tersebut.

"Pocong-pocongan juga bohongan, itu dibuat sengaja. Ada empat pocong-pocongan," tutup Yunita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.