Sukses

Manga Populer Ini Jumlahnya Lebih dari 100 Jilid

Judul manga apa yang bertahan sejak pertengahan 1900an dan sukses menelurkan lebih dari 100 jilid hingga kini? Berikut selengkapnya.

Liputan6.com, Tokyo, Jepang Perkembangan manga alias komik Jepang di seluruh dunia, bisa dibilang sangat pesat. Seiring berjalannya waktu, banyak mangaka (pengarang manga) yang menghadirkan karya-karya baru dengan cerita yang tergolong unik.

Melihat judul-judul yang ada sekarang ini, tak bisa dikesampingkan bahwa ada beberapa karya yang masih bertahan sejak era 1900an silam hingga hari ini. Kebanyakan judul yang bertahan, menawarkan hal-hal realistis dan aktual meskipun terdapat konsep yang tergolong fiktif.

Saking lamanya bertahan, para mangaka senior ini sukses menerbitkan manga karya mereka hingga lebih dari 100 jilid. Mereka tidak kehabisan bahan cerita dan selalu menggali hal-hal yang belum pernah diperlihatkan pada judul-judul yang lain.

Mengetahui lebih lanjut judul manga apa saja yang bertahan sejak era 1900an dan sukses menelurkan lebih dari 100 jilid hingga saat ini, berikut deretan selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kochira Katsushika-ku Kameari Koen Mae Hashutsujo (Kochikame)

Kochira Katsushika-ku Kameari Koen Mae Hashutsujo (Kochikame)

Manga berjenis humor karangan Osamu Akimoto ini, biasa disingkat dengan judul Kochikame. Pertama kali, Kochikame diterbitkan pada September 1976 melalui majalah Weekly Shonen Jump. Saat dijilidkan, pihak Shueisha telah menjadi penerbitnya.

Konsep dalam manga ini tergolong unik, yaitu seorang polisi di sebuah kota kecil bernama Kankichi Ryotsu (Ryo) yang memiliki perilaku semaunya dalam bertindak. Sehingga, beberapa kekacauan pun menimpa orang-orang di sekitar, termasuk dirinya.

Sampai artikel ini diturunkan, Kochikame sudah diterbitkan hingga mencapai jilid ke-189. Tema yang diangkat masih memperlihatkan ulah Ryo dalam melakukan hal-hal yang dianggapnya benar atau menyenangkan.

Banyak mangaka yang mengagumi dan sangat menghargai Osamu Akimoto sebagai pengarang manga yang berpengaruh di Jepang. Bahkan, beberapa mangaka Shonen Jump pernah memasukkan karakter Ryo ke salah satu panel karya mereka dalam sebuah sayembara khusus.

Versi anime Kochikame sudah mencapai 373 episode. Bahkan, beberapa waktu lalu anime ini sempat tayang di salah satu televisi nasional dengan terjemahan yang sangat unik dan jenaka. Anime layar lebar pun pernah dirilis pada 1999 lalu.

3 dari 6 halaman

JoJo’s Bizarre Adventure

JoJo’s Bizarre Adventure

Mengangkat kisah petarung jalanan bernama Jonathan Joestars, manga karangan Hirohiko Araki ini memiliki sebuah konsep yang sangat jarang digarap oleh mangaka lainnya, yaitu cerita turun temurun.

Kisah dalam manga bernuansa action ini juga turut mengangkat aksi dari cucu-cucu Jonathan di keluarga Joestar, seperti Joseph Joestar dan juga Jotaro Kujo. Karakter Jotaro merupakan tokoh yang paling lama muncul di manga ini.

Keluarga Joestar, yang nama setiap anggotanya bisa disingkat dengan JoJo, memiliki musuh besar bernama Dio Brando beserta para keturunannya yang awalnya merupakan saudara angkat Jonathan.

Hingga kini, JoJo’s Bizarre Adventure sudah terbit hingga 110 volume sejak 1987 dan diangkat ke dalam berbagai versi anime baik itu di televisi, video rumahan, maupun layar lebar.

Manga JoJo’s Bizarre Adventure sudah dibuat sebanyak delapan bagian, yaitu 'Phantom Blood', 'Battle Tendency', 'Stardust Crusaders', 'Diamond Is Unbreakable', 'Vento Aureo', dan 'Stone Ocean' yang berfokus pada keluarga Joestar. Sedangkan bagian ketujuh dan kedelapan, 'Steel Ball Run' dan 'JoJolion' bertempat di dunia alternatif.

Sayangnya, manga JoJo’s Bizarre Adventure tidak terbit di Indonesia, padahal penjualannya terhitung cukup laris di Jepang, yaitu sebanyak 80 juta kopi.

4 dari 6 halaman

Hajime no Ippo (Fight!! Ippo)

Hajime no Ippo (Fight!! Ippo)

Bernuansa olahraga tinju, Hajime no Ippo (di Indonesia diberi judul Fight!! Ippo) memiliki unsur humor yang sangat kuat. Akan tetapi, humor tersebut selaras dengan wawasan tinju yang disajikan secara realistis.

Hal itu dibawakan secara apik oleh George Morikawa (Joji Morikawa) dengan mengetengahkan seorang pemuda polos bernama Ippo Makunouchi yang menjadi atlet tinju setelah bertemu seorang pria dari salah satu sasana di kotanya.

Kisah dalam Fight!! Ippo berlanjut dengan dimulainya pertandingan profesional yang dijalani oleh Ippo hingga ia bertemu dengan lawan-lawan yang sangat kuat seiring berkembangnya cerita yang disajikan. Perkembangan setiap karakter pun terlihat sangat luar biasa.

Fight!! Ippo pertama kali terbit di Jepang pada 1989 dan sudah hadir di toko buku hingga 106 volume melalui penerbit Kodansha hingga artikel ini dimunculkan. Versi anime sudah mengudara sejak 2000 hingga 2002 sebanyak 76 episode yang dilanjutkan dengan dua serial barunya.

Dirilis di Amerika Serikat dengan judul Fighting Spirit, manga ini diakui oleh para pengamat dengan meraih Kodansha Manga Award pada 1991 dan sempat mendapat predikat manga favorit pembaca yang sempat disepelekan.

5 dari 6 halaman

Golgo 13

Golgo 13

Memiliki tema bernuansa spionase dan pembunuhan, Golgo 13 telah terbit hingga 171 jilid. Berkisah tentang pembunuh bayaran pemilik nama samaran Duke Togo, manga ini mengutamakan senjata api sebagai perangkat utamanya.

Dibuat oleh Takao Saito, Golgo 13 pertama kali terbit pada Oktober 1968 dan diadaptasi ke dalam berbagai anime baik video rumahan maupun serial televisi. Grafis yang disajikan pun khusus untuk dewasa yang sarat akan kekerasan dan seksualitas.

Hingga kini, Golgo 13 sudah meraih penjualan sebanyak 200 juta kopi dalam berbagai macam format, termasuk kompilasi bukunya. Sehingga, Golgo 13 menjadi judul terlaris ketiga sepanjang sejarah manga.

Uniknya, meski sudah terbit hingga lebih dari 100 jilid, masa lalu Duke Togo masih misterius dan beberapa adegan yang seolah mengungkap masa lalunya hanya menjadi spekulasi tersendiri bagi para pembaca.

Selain terbit melalui anime dan manga yang meraih Shogakukan Manga Award ke-21, Golgo 13 juga diadaptasi ke dalam bentuk film layar lebar versi live-action pada 1973 dan 1977.

6 dari 6 halaman

Judul Manga Terpanjang Lainnya

Judul Manga Terpanjang Lainnya

Selain keempat judul yang telah disebutkan, terdapat juga Dokaben, manga bernuansa bisbol yang sudah berjumlah 180 jilid dan menjadi salah satu manga bertema olahraga terpanjang sepanjang masa.

Judul-judul manga lain yang memiliki lebih dari 100 jilid antara lain adalah Minami no Teio (133 jilid), Cooking Papa (126 volume), Grappler Baki (121 volume), Nijitte Monogatari (111 jilid), Oishinbo (110 jilid), Shizukanaru Don – Yakuza Side Story (108 volume), Abu-san (106 volume), dan Haguregumo (102 jilid).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini