Sukses

Ajak Safeea Masuk TV, Ahmad Dhani dan Mulan Dikritik KPAI

Liputan6.com, Jakarta Di usianya yang baru beranjak 3 tahun, Safeea Ahmad sudah jadi Artis Cilik. Putri pasangan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela itu memang dikontrak sebuah TV swasta untuk membintangi sebuah reality show yang akan tayang pada bulan Mei mendatang. Konon kabarnya, Safeea dikontrak sebanyak 360 episode, dengan honor per episode sebesar Rp 30 Juta.

Namun belum apa-apa, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengkritik apa yang dilakukan Dhani dan Mulan. Menurut mereka, keduanya telah mengeksploitasi anak mereka yang masih kecil.

"Anak memiliki hak yang juga sama untuk mengembangkan bakat dan juga minatnya, karena dilindugi UU. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan," kata Susanto, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kepada wartawan di Jakarta, Minggu (20/4/2014).

KPAI menilai seorang anak tidak bisa dipaksakan dalam melakukan sebuah kegiatan. Susanto pun meminta kepada Dhani dan Mulan untuk melihat psikologis sang anak.

"Mereka harus memastikan bahwa Safeea dalam kondisi yang enjoy, nyaman dan tidak terpaksa. Jika dalam keadaan terpaksa dan dipaksa ikut realty show, tentu ada unsur pelanggaran. Maka, orangtua harus bisa memastikan kondisi psikologisnya," ujarnya.

"Keterlibatan Safeea dalam realty show tersebut adalah sekedar bermain dan menjadi dirinya sendiri sebagai anak kecil, tidak mengekang Safeea dengan berbagai aturan," tambahnya.

KPAI pun mewanti-wanti kepada orangtua untuk tidak memaksakan anak hanya sekadar untuk mencari uang. "Jangan ada niatan orientasi ekonomi. Karena kalau orientasinya ekonomi dan popularitas, dikhawatirkan ini bisa mengganggu tumbuh kembang Safeea," pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.