Sukses

Tukang Ojeg Ini Sosok Kartini di Mata Ingrid Kansil

Inggrid Kansil menyebut nama Ibu Romed sebagai sosok Kartini.

Liputan6.com, Jakarta Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, juga disambut dengan sangat antusias oleh Ingrid Kansil, artis yang juga istri Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Syarief Hasan.

"Menurut aku, ada banyak hal positif yang dapat kita teladani dari seorang Kartini, semangat juang yang tidak terputus meski terhalang berbagai keterbatasan. Karena pada masa beliau hanya beberapa golongan orang saja yang dapat mengenyam pendidikan," kata Inggrid Kansil, saat dihubungi via Blackberry Messenger (BBM), Senin (21/4/2014).

"Selain itu semangat berbagi dengan sesama (terutama perempuan) yang sudah sewajarnya lekat dengan pribadi kita (baik laki-laki maupun perempuan)," sambung wanita kelahiran Cianjur, Jawa Barat, 9 November 1976.

Meski Kartini sudah tiada, tapi Ingrid Kansil yang tercatat sebagai anggota DPR RI ini, merasa spirit Kartini masih hadir di benak perempuan Indonesia saat ini.

"Banyak Kartini di era sekarang. Kita tidak usah melihat sosok yang populer yang harus dijadikan motivasi dan inspirasi menjadi Kartini masa kini. Salah satunya Ibu Romed, sahabat saya. Beliau pengemudi ojeg di Sukabumi yang menjadi tulang punggung keluarganya selama 12 tahun. Dia bisa menyekolahkan anak-anaknya dari hasil ojeg," papar Ingrid Kansil yang bermain di sinetron Safa dan Marwah.

"Konsep kesetaraan yang ditawarkan Kartini sangat visioner sehingga memicu kita untuk tetap melakukan hal yang sama, yakni: memandang optimis ke depan dan menerjang keterbatasan tanpa diliputi rasa takut akan keterbatasan fisik," seru Ingrid Kansil yang sempat dijuluki Ratu Iklan karena membintangi ratusan iklan .

Ketika ditanya, sudahkah Ingrid Kansil menjadi sosok Kartini? Dia menjawab, "Belum merasa. Hehe... Naif rasanya kalau menilai diri sendiri".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.