Sukses

Ingrid Kansil: Hari Kartini Bukan Sekadar Pakai Kebaya

Hari Kartini diperingati oleh siswi SD dengan menggunakan kebaya.

Liputan6.com, Jakarta Saat masih SD, Ingrid Kansil selalu mengenakan kebaya di Hari Kartini. "Setiap 21 April, pasti aku sibuk pakai kebaya," kata artis cantik Ingrid Kansil, saat dihubungi via Blackberry Messenger (BBM), Senin (21/4/2014).

"Yang aku ingat, dulu selalu karnaval pakai baju ala Kartini," ujar Ingrid Kansil yang lahir di Cianjur, Jawa Barat, 9 November 1976.

Tapi di Hari Kartini sekarang, anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar, Ziankha Amorrette Fatimah Syarief, tidak menggunakan kebaya seperti dirinya di masa kecil.

"Eranya beda. Anak aku ditugaskan membuat makalah tentang sosok RA Kartini. Ini juga bagus untuk mengingatkan anak-anak tentang pahlawan Nasional, khususnya memperjuangkan kaum perempuan," jelas Ingrid Kansil, istri dari Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Syarief Hasan.

Menurut wanita yang pernah mendapat gelar Ratu Iklan ini, meneladani sosok Kartini bukan hanya dari sisi mengenakan kebaya saja.

"Memang sebaiknya yang harus ditekankan pada sosok Kartini adalah perjuangannya, bukan hanya sebatas kebayanya. Kebaya adalah busana Nasional yang perlu dilestarikan. Lain konteks dengan perjuangan sosok Kartini," papar Ingrid Kansil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini