Sukses

One Piece Dianggap Cocok untuk Anak-anak Ketimbang Doraemon

Para pembaca manga di luar Jepang dan Indonesia tentu terkejut dengan dianggapnya One Piece lebih cocok untuk anak-anak dari Doraemon.

Liputan6.com, Tokyo, Jepang Dalam rangka menghormati Hari Anak di Jepang yang akan jatuh pada 5 Mei nanti, sebuah toko buku online bernama eBookJapan, melakukan pengambilan suara untuk manga terbaik yang layak dibaca oleh anak-anak.

Ternyata, posisi pertama dipegang oleh manga One Piece karya Eiichiro Oda, yang disusul kemudian oleh Doraemon karangan Fujiko F. Fujio serta Silver Spoon karya Hiromu Arakawa.

Bagi para pembaca manga di luar Jepang dan Indonesia, hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat One Piece menampilkan cukup banyak kekerasan dan hal-hal lain yang terlihat cocok untuk kalangan remaja.

Terlebih lagi, Doraemon yang di luar Jepang terkenal sangat mendidik, malah hanya mampu bercokol di posisi runner-up. Selain itu, terdapat juga manga seperti Dragon Ball, Slam Dunk, dan Naruto.

Berikut daftar lengkap 10 besar manga yang dianggap oleh eBookJapan cocok untuk anak-anak, seperti dikutip dari Yaraon melalui Anime News Network:

One Piece - Eiichiro Oda
Doraemon - Fujiko F. Fujio
Silver Spoon - Hiromu Arakawa
Dragon Ball - Akira Toriyama
Phoenix - Osamu Tezuka
Barefoot Gen - Keiji Nakazawa
Space Brothers - Chūya Koyama
Slam Dunk - Takehiko Inoue
Naruto - Masashi Kishimoto
Chihayafuru - Yuki Suetsugu

Para pemilih memiliki alasannya tersendiri dalam menjadikan One Piece sebagai bacaan yang layak untuk anak-anak. Menurut mereka, manga tersebut sangat "penuh petualangan" dan juga "menunjukkan pentingnya kasih sayang dan membantu satu sama lain."

Diketahui, anggota eBookJapan disurvei secara acak, antara April 4 dan 10 April 2014. Dari sekian banyak yang ada, terdapat 502 tanggapan yang telah diperoleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini