Sukses

Ini Kronologi X-Men Menurut Film-filmnya (Bagian 2: 1975-2032)

Ini rangkaian waktu apa saja yang terjadi di jagad X-Men dari dulu, sekarang, dan di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta SPOILER ALERT! Tulisan ini menjelaskan rangkaian kejadian dalam film-film X-Men, termasuk dari film yang terbaru, X-Men: Days of Future Past.

Para mutan kembali menyerbu bioskop. X-Men: Days of Future Past sudah rilis menandai para mutan favorit kita kembali ke layar lebar.

Totalnya hingga sekarang kita sudah disuguhi tujuh film dari jagad X-Men. Dimulai pada 2000 lewat X-Men, berlanjut ke X2: X-Men United (2003), dan X-Men: The Last Stand (2006). Ketiga film itu sering disebut trilogi awal X-Men. Semula, banyak yang mengira kisah X-Men ditamatkan di film ketiga. Namun, studio 20th Century Fox yang memegang hak memfilmkan karakter kreasi komik Marvel ini tak ingin melepas hak itu --yang berarti kehilangan potensi meraih uang besar dari booming film-film superhero--. Maka mereka meneruskan kisah X-Men dengan spinoff dan prekuel.

Setelah tiga film trilogi awal, kisah X-Men di film melebar jadi empat film lagi: dua kisah spinoff yang khusus mengisahkan Wolverine (X-Men Origins: Wolverine [2009] dan The Wolverine [2013]) dan sebuah prekuel (X-Men: First Class [2011]) serta sekuel First Class (X-Men: Days of Future Past [2014]). Film tersebut menggenapi serangkaian kejadian dalam film-film X-Men yang sudah ada.

Menonton seluruh film X-Men, kita bisa membuat rangkaian waktu apa saja yang terjadi di jagad X-Men dari dulu, sekarang, dan di masa depan.

Dalam membuat daftar rentetan waktu ini sangat terbantu oleh infografis yang pernah dibuat majalah film Empire. Tanda kurung berisi judul film di mana kejadian itu berlangsung.

Baca juga kronologi X-Men bagian I: 1840-1973

Next page: 1975-1997

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1975-1997

1975-1997

1975: Wolverine dan Sabretooth diselamatkan dari tahanan saat Perang Vietnam. Keduanya didekati William Stryker untuk bergabung dengan Team X. (X-Men Origins: Wolverine)

1979: Wolverine keluar dari Team X dan memakai nama Logan. Sabretooth membunuh kekasih Wolverine. (X-Men Origins: Wolverine)

1981: Xavier bisa berdiri. Magneto bertemu Jean Grey. (X-Men: The Last Stand)

1987: Wolverine mendapat lapisan logam pada jaringan tulang Wolverine, membuat cakarnya lebih tajam seperti sebuah pedang mematikan. Wolverine bertarung dengan Sabretooth. (X2: X Men United)
Serangan ke fasilitas milik Stryker di Three Mile Island tenpat para mutan disekap untuk percobaan. Di tempat itu Wolverine melawan Weapon XI. Xavier di Three Mile Island untuk membawa Silver Fox, Cyclops, dan Gambit berada di bawah perlindungannya. (X-Men Origins: Wolverine)

1997: Angel muncul pertamakali. Dia adalah putra seorang ilmuwan yang sedang merancang serum penyembuh bagi mutan. Sang ayah ingin menyembuhkannya, tapi Angel memilih kabur. (X-Men: The Last Stand)

Next page: 2005-2023

3 dari 3 halaman

2005-2023

2005-2023

2005: Senat Amerika Serikat mendisuksikan sebuah undang-undang untuk mendaftar para mutan. Rogue kabur dari rumah dan bertemu Wolverine. Mereka bergabung dengan X-Men yang dipimpin Xavier alias Profesor X. Para mutan X-Men berduel dengan Magneto dan mutan-mutannya di Patung Liberty. Magneto kalah dan dibui. Di sini juga kita berkenalan dengan Storm, Iceman, Pyro, Kitty Pryde, Collosus, dan Jubillee. (X-Men)

2006: Nightcrawler menyerang Gedung Putih, menuntut mutan diberi kebebasan. Magneto kabur dari penjara. William Stryker memimpin penyerangan pada X-Mansion, markas X-Men. Untungnya sebagian anggota X-Men berhasil meloloskan diri. Mutan pendatang baru, Nightcrawler bergabung dengan Magneto yang kini makin yakin, kaum mutan lebih tinggi derajatnya daripada manusia. Magneto berusaha menggalang kekuatan para mutan yang tersisa untuk menolong mereka yang telah ditangkap, serta mencegah para anti-mutan yang terus berusaha memusnahkan mutan. Jean Grey terbunuh. (X2: X-Men United)

2007: Pemerintah mengumumkan penyuntikan serum yang bisa menghentikan gen mutan, membuat para mutan jadi manusia biasa. Magneto menentang langkah ini dan memimpin pembangkangan para mutan. Jean Grey dibangkitkan, tapi ia malah membunuh Cyclops. Magneto memimpin penyerang pada laboratorium serum anti-mutan di pulau Alcatraz. Profesor X terbunuh oleh Jean Grey. Wolverine terpaksa membunuh Jean Grey. Kekuatan super Magneto dan Mystique hilang akibat serum anti-mutan. (X-Men: The Last Stand) 

2013: Wolverine berkelana hingga ke Jepang. Di sana ia berhadapan dengan Silver Samurai. Wolverine bertemu dengan Xavier (yang dibangkitkan lagi) dan Magneto (yang sudah kembali punya kekuatan). Wolverine diingatkan akan sebuah bencana yang menghadang hidup para mutan. (The Wolverine)

2023: Dunia dikecamuk perang dahsyat. Para mutan diburu tentara metal bernama Sentinel. Serdadu besi ini hasil kreasi ilmuwan Dr. Bolivar Trask, seorang pembenci mutan. Menggunakan DNA mutan, Trask mencipta pasukan yang juga bisa bermutasi dan punya kekuatan super untuk memerangi para mutan. Di tahun itu, para mutan terdesak. Xavier dan Magneto menjadi pemimpin para mutan. Hanya ada satu cara untuk mutan bisa menang: mengirim seseorang ke masa sebelum impian Trask dengan Sentinelnya terwujud. Wolverine yang dikirim ke tahun 1973. (X-Men: Days of Future Past)

(Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini