Sukses

7 Cewek Cantik Pamer Batik

Sedikitnya tujuh Duta SMESCO ambil bagian dalam Trunk Batik Show 2014 yang diselenggarakan Kementrian Koperasi dan UKM.

Liputan6.com, Jakarta Sedikitnya tujuh Duta SMESCO ambil bagian dalam Trunk Batik Show 2014 yang diselenggarakan Kementrian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM). Cewek-cewek yang mayoritas Putri Indonesia ini ditunjuk untuk memamerkan berbagai macam rancangan batik.

Kegiatan ini juga merupakan sebuah cara untuk mengubah persepsi batik yang identik dengan kegiatan formal, menjadi sebuah warisan budaya yang bisa digunakan di berbagai kondisi. Sekaligus pengenalan terhadap SMESCO Magz.

"Sebagai Duta SMESCO, kegiatan ini untuk mempromosikan produk-produk UKM yang ada di sini. Kita juga harus mengerti tentang produk Indonesia. Selain mengerti kita juga harus menggunakan serta mempromosikannya. Batik ini contohnya," ungkap Putri Indonesia DKI Jakarta II 2013, Kartika Berliana Tjakradijaja di SMESCO Tower, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (22/5/2014).

"Dan sekarang batik bisa banget digunakan selain acara resmi. Batik sekarang bukan lagi model kaku, tapi lebih ke arah fashion. Batik juga sekarang banyak modifikasi, jadi lebih ceria," sambungnya.

Selain itu, Kartika yakin keberadaan batik di Indonesia akan semakin berkembang. Apalagi, batik juga kini tak hanya digunakan oleh kalangan tua saja. Di beberapa acara tertentu, kata Kartika, anak muda justru lebih sering menggunakan batik.

"Nggak perlu malu pakai batik, justru bangga banget. Kita harus mengubah mindset itu (batik norak). Soalnya batik bisa digunakan oleh kalangan muda juga. Malah lebih happening (ngetrend) loh sekarang. Batik juga warisan budaya, jadi kita harus bangga menggunakan batik," pungkas Kartika.

Acara fashion show batik ini ditutup oleh Ahmad Zabadi, selaku Direktur Utama LLP-KUKM. Selain Kartika, nama-nama lain yang turut meramaikan Trunk Batik Show adalah Nadia Inggrida (Putri Indonesia DKI Jakarta III 2013), Annisa Putri (Puteri Indonesia Intelegensia 2011), Rahma Landy (Putri Indonesia Pariwisata 2007), Febrizky Yahya (Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012), Lydia Juliana (Finalis Miss Indonesia 2013) dan Ismi Halida yang merupakan Miss Batik 2011.(Ras/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini