Sukses

Kertas Notasi Tanpa Syair Ditemukan di Rumah Ismail Marzuki

Sepanjang hayatnya, Ismail Marzuki menjadi musisi yang banyak memberikan kontribusi pada warna musik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang hayatnya, Ismail Marzuki menjadi musisi yang banyak memberikan kontribusi pada warna musik Indonesia. Karyanya tak terhitung, sebagian besar lagu yang ia ciptakan menggelorakan semangat nasionalisme. Beberapa diantaranya ialah Rayuan Pulau Kelapa, Halo-Halo Bandung dan Gugur Bunga.

Namun, ada satu lagu yang belum pernah didengar publik, judulnya Ayah, Aku Ingin Kawin. Tembang ini ditemukan oleh Jassin, Konduktor dari orchestra Chandrabuana Chamber, beberapa waktu lalu. Jassin, yang bertugas sebagai pimpinan pergelaran musik `100 Tahun Ismail Marzuki`, menemukan lagu itu dalam tumpukan kertas di ruang kerja Bang Mail, panggilan akrab Ismail Marzuki.

`Ayah, Aku Ingin Kawin` belum diciptakan sempurna oleh Bang Mail. Musisi Betawi itu hanya menuliskan notasinya dalam secarik kertas, tanpa syair. Ia membuatnya di tahun 1953, dan tak pernah diselesaikan hingga tutup usia.

Jassin pun mengambil inisiatif. Lagu setengah jadi itu ia berikan pada Slank yang diminta untuk menuliskan lirik dan membawakannya di hadapan publik.

Bagi band beraliran rock 'n roll yang digawangi Bim-Bim (drum), Kaka (vokal), Ridho (gitar), Ivan (bass) , Abdee (gitar) itu, jelas hal tersebut merupakan suatu kebanggaan.

"Rasanya senang dan bangga. Ini momentum 100 tahun, kita bangga sekali, bersyukur bisa berpartisipasi dalam acara ini. Terlebih ketika mas Jasin (komposer) menemukan lagu Ismail Marzuki yang belum selesai dan belum ada liriknya," kata Bim Bim, usai acara pementasan 100 Tahun Ismail Marzuki di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu dini hari(25/5/2014).

Slank memainkan lagu itu cukup apik. Uniknya, meski menyumbangkan lirik, Kaka Cs tidak menaruh nama mereka sebagai pencipta lagu. Mereka sungkan menyandingkan diri dengan Bang Mail.

"Lagu ini akan tetap punya Ibu Rahmi, keluarga besar Ismail Marzuki. Kalau dapat izin, lagu itu ingin kita jadikan sebagai single dan hasilnya kita akan berikan untuk keluarga dan untuk masyarakat indonesia," Bim-Bim mengurai.

Penasaran seperti apa lirik yang ditulis Slank di lagu 'Ayah, Aku Ingin Kawin', ini dia petikannya:

Oh ayah tolong kawinin saya sekarang juga, saya sudah tak tahan lagi
Oh ayah saya tak sanggup hidup sendiri lagi, saya sudah tak sanggup lagi.
Oh ayah tolong kawinin saya sekarang juga, saya sudah tak tahan lagi
Oh ayah lamar kekasihku untukku.(Jul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini