Sukses

Kenapa Tom Cruise Kini Sering Main Film Action?

Apa yang membuat Tom Cruise sekarang lebih sering main film action?

Liputan6.com, Jakarta The Outsiders. Risky Business. Top Gun. Rain Man. Born on the Fourth of July. A Few Good Men. Interview with the Vampire. Jerry Maguire. Magnolia. Minority Report.

Tom Cruise main film-film di atas. Dalam sejarah perfilman dunia, film-film tersebut telah menorehkan catatan khusus, akan jadi klasik, enak ditonton sampai kapanpun.

Terjun ke dunia film sejak awal 1980-an, Cruise menjadi bintang Hollywood terbesar saat ini. Orang akan menonton flmnya tak peduli film apapun yang dibintanginya.

Cruise bisa saja merasa cukup jadi sekadar bintang tampan yang digilai cewek-cewek. Atau, ia bisa juga mengambil jalan sebagai bintang aksi selepas `Top Gun` sukses menjadikannya bintang. Tapi tidak, Cruise tak memilih jalan itu pada 1980-an, 1990-an hingga awal 2000-an. Tidak seperti bintang-bintang Hollywood seangkatannya, Cruise pandai memilih peran. Ia tak berpatokan pada satu genre film. Cruise memilih sendiri film yang dibintanginya, dan terutama pula memilih sutradara yang ingin diajaknya kerjasama.

Hal ini membuat Cruise mendorong kemampuannya hingga batas terjauh. Di awal kariernya, Cruise sudah disutradarai pembesut The Godfather Francis Ford Coppola (`The Outsiders`, 1983), sutradara spesialis film aksi Tony Scott (`Top Gun`, 1986), hinga sutradara yang film-film selalu kontroversial, Oliver Stone (`Born on the Fourth of July`, 1989). Cruise kemudian juga disutradarai nama-nama besar lain macam Ron Howard, Rob Reiner, Stanley Kubrick, Brian De Palma, Paul Thomas Anderson, John Woo, JJ Abrams, hingga Steven Spielberg.

Saat majalah Entertainment Weekly menempatkannya sebagai salah satu dari 100 Entertainer Terbesar Abad ke-20, disebutkan, "Cruise dimentori oleh orang-orang terbaik, dan setiap mentor membimbingnya menjadi aktor yang lebih baik lagi."

Namun ada perubahan arah jalur kreatif yang dipilih Cruise akhir-akhir ini. Jika dicermati, mantan suami Nicole Kidman dan Katie Holmes itu kini jadi lebih seragam memilih film. Cruise kini kian sering main film aksi. Dari film-film yang dibintanginya pasca 2000, Cruise main 12 film yang tergolong film aksi. Dari 2012 hingga kini, tiga film terakhir Cruise adalah film aksi termasuk yang kini edar, Edge of Tomorrow.

Yang sudah menonton `Edge of Tomorrow` tentu tahu, film tersebut sebetulnya bisa dibintangi siapa saja, tak harus bintang sebesar Cruise. Kekuatan utama film itu tidak terletak pada bintangnya, tapi pada ceritanya yang unik: menggabungkan elemen `Groundhog Day` (1993) pada kisah aksi fiksi ilmiah. [baca: Ulasan Edge of Tomorrow]

Jika begitu adanya, apa yang membuat Tom Cruise sekarang lebih sering main film action? Lalu, apa kita akan menontonnya main film romantis macam Jerry Maguire atau film kelas Oscar macam `A Few Good Men` dan `Magnolia`?

Next page: Kangen Tom Cruise yang Romantis

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kangen Tom Cruise yang Romantis

Kangen Tom Cruise yang Romantis

Jawabannya bisa jadi adalah pembuktian diri. Cruise kini melewati setengah abad, tepatnya 52 tahun. Cruise ingin membuktikan pada dunia bahwa dia tetap bintang Hollywood terbesar saat ini. Pembuktian tersebut rasanya hanya bisa diwujudkan dengan membintangi film-film besar, film aksi berbujet fantastis yang tayang di musim panas. Film jenis itu bakal lebih mungkin mendatangkan penonton ketimbang film kecil yang ditujukan bagi festival film.

Alasan lain, kepada dunia pula Cruise ingin membuktikan diri masih bisa bermain di film aksi meski usianya sudah kepala lima.

Saat tepat jelang usia 50 tahun, Cruise masih sanggup bergelantungan di gedung tertinggi di dunia Burj al Khalifa, Dubai sewaktu syuting Mission: Imposibble--Ghost Protocol (2011). Di `Edge of Tomorrow`, tantangannya adalah Cruise harus memakai baju besi robot tempur seberat 39 kilogram.

Menengok daftar film Cruise di laman imdb, film-film yang bakal dibintanginya untuk jadwal edar 2015 hingga beberapa tahun ke depan semuanya juga film aksi. Cruise bakal main film `Mission: Impossible 5`, versi baru `Van Helsing`, sekuel `Top Gun`, dan sekuel `Jack Reacher`.

Jika sudah begitu, entah kapan kita menyaksikan lagi Tom Cruise yang romantis jatuh hati pada perempuan macam Renee Zellweger seperti di `Jerry Maguire`. Kita kangen dengan Tom Cruise yang itu.(Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini