Sukses

10 Tokoh Jahat Disney Paling Dikenang (Bag. 1, 10-6)

Siapa saja tokoh jahat persembahan Disney yang paling dikenang. Hari ini di urutan 10-6.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membicarakan tokoh-tokoh rekaan Walt Disney yang pertama kita ingat adalah sederetan putri-putri cantik. Mereka bahkan punya nama generik: Disney Princess.

Mereka adalah Putri Salju dari Snow White, Putri Aurora dari Sleeping Beauty, Belle dari Beauty and the Beast, Putri Jasmine dari Aladdin, Cinderella, Pocahontas, Mulan, hingga yang terbaru, Putri Elsa dari Frozen.

Tapi, apa artinya tokoh baik tanpa tokoh jahat?

Ya, selain punya putri-putri cantik dan pangeran-pangeran tampan baik hati, Disney juga menelurkan tojoh-tokoh jahat yang patut dikenang.

Menyambut Maleficent, film yang dibintangi Angelina Jolie tentang kisah versi anyar dongeng `Sleeping Beauty` dari sudut pandang si tokoh jahat Maleficent, ini saat yang tepat untuk menengok siapa saja tokoh jahat persembahan Disney yang paling dikenang. Hari ini di urutan 10-6.

Next page: 10. Gerombolan Siberat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

10. Gerombolan Siberat

10. Gerombolan Siberat

Kita di Indonesia mengenal sekumpulan orang bengal ini dengan nama Gerombolan Siberat dari nama yang dipilih komik Album Donal Bebek. Nama Inggrisnya, Beagle Boys yang sepertinya diambil dari jenis anjing Beagle. Dalam jagad kisah Donal Bebek dan Paman Gober rekaan komikus Carl Barks, penduduk Kota Bebek memang kebanyakan berwajah anjing. Gerombolan Siberat pertama muncul dalam episode komik "Terror of the Beagle Boys" dalam edisi Walt Disney's Comics and Stories #134 terbitan November 1951. Mereka dikenali dari nomor tahanan di kaus mereka. Tiga nomor yang paling sering dipergunakan: 176-167, 176-671, dan 176-761. Nama-nama asli mereka tak pernah diungkap. Meski jelas Gerombolan Siberat adalah tokoh jahat, tapi mereka lebih sering bernasib sial.

Next page: 9. Boris

3 dari 6 halaman

9. Boris

9. Boris

Mungkin karena nama aslinya susah dilafalkan oleh lidah orang Indonesia, tokoh jahat ini dinamai Boris saat muncul di komik Album Donal Bebek. Padahal Walt Disney sendiri menamainya Pete. Konon, Pete alias Boris ini bahkan lebih tua dari Mickey Mouse alias Miki Tikus. Sebelum Walt mencipta tokoh tikus yang jadi maskot Disney, dia sudah duluan menciptakan Boris. Mickey lahir pada 1928 lewat film animasi pendek Steamboat Willie, sedang Boris lahir tiga tahun sebelumnya lewat Alice Solves the Puzzle (1925). Di Steamboat Willie, Boris juga hadir dan sudah jadi tokoh jahat bagi Mickey. Sejak itu, Boris jadi musih bebuyutan Mickey, menjadi pesaingnya dalam merebut hati Minnie Mouse alias Mini Tikus.

Next page: 8. Kapten Hook

4 dari 6 halaman

8. Kapten Hook

8. Kapten Hook

Tentu, Kapten Hook adalah tokoh jahat bukan karangan asli Disney. Adalah J.M. Barrie yang menciptakannya sebagai tokoh antagonis di drama panggung dan novelnya, Peter Pan: or, the Boy Who Wouldn't Grow Up. Namun, rasanya yang paling dikenal adalah Hook versi Disney dari film Peter Pan rilisan tahun 1953. Semula niatannya adalah membuat Hook yang kejam dan mengancam. Tapi usulan itu ditolak karena bakal bikin ngeri penonton cilik. Akhirnya, kita mendapat Hook yang komikal dan bisa dikerjai Peter pan yang bengal. Gambaran Hook versi Disney begitu melekat bahkan ketika film live action-nya dibuat Steven Spielberg tahun 1991 produksi Columbia Pictures (dengan judul Hook, Kapten Hook diperankan Dustin Hoffman dan Robin Williams sebagai Peter Pan).

Next page: 7.Ibu Tiri dan Saudara Tiri Cinderella

5 dari 6 halaman

7.Ibu Tiri dan Saudara Tiri Cinderella

7.Ibu Tiri dan Saudara Tiri Cinderella

Dalam kisahnya, ayah Cinderella menikah lagi dengan Lady Tremaine, seorang wanita aristokrat jutek yang punya dua putri: Drizella dan Anastasia yang pongah tapi bodoh. Semula, ayahnya ingin agar ada yang mengasuh dan menjadi sahabat Cinderella. Tapi, sepeninggal sang ayah, Cinderella malah menjadi bulan-bulanan ibu tiri dan dua saudara tirinya itu. Cinderella diperlakukan bak pembantu, mengerjakan semua pekerjaan rumah, sampai tak diizinkan datang ke pesta dansa istana. Beruntung ada Ibu Peri baik hati menolongnya. Tingkah jahat ibu tiri dan saudara tiri menjadi konflik utama kisah klasik Disney yang aslinya dongeng dari Eropa ini. Tanpa ada ibu tiri dan saudara tiri yang jahat, kita tak mungkin bersimpati pada nasib Cinderella.

Next page: 6. Beruang Lots-o'-Huggin' (Lotso) 

6 dari 6 halaman

6. Beruang Lots-o'-Huggin' (Lotso)

6. Beruang Lots-o'-Huggin' (Lotso)

Tokoh jahat ini muncul di film Toy Story 3 (2010) produksi Disney/Pixar. Di film ketiga kisah Toy Story itu, boneka-boneka kesayangan milik Andy harus menempati tempat pengasuhan Sunnyside. Di Sunnyside, boneka beruang Lots-o'-Huggin' atau biasa disapa Lotso menjadi penguasa. Namun, Lotso bukan penguasa baik-baik. ia bertindak lalim pada Woody, Buzz Lightyear dan kawan-kawannya. Lotso punya masa lalu yang menyedihkan sebagai boneka yang dilupakan pemiliknya. Dari situ muncul sifat jahatnya. Lotso layak dikenang karena dari penampilan awalnya sebagai sosok kebapakan dan lembut sekaligus berwibawa, ternyata punya sifat jahat.(Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini