Sukses

Astro Boy Dibuat Ulang dalam Serial 3D dan Edutainment

Tezuka Production yang mengembangkan karya-karya Osamu Tezuka, berkolaborasi dengan pihak lain demi menggarap serial animasi baru Astro Boy.

Liputan6.com, Paris Kehadiran Astro Boy (sering disebut Atom Boy atau Tetsuwan Atom) di sejarah dunia komik Jepang, tentu sangat menginspirasi banyak pihak sejak pertengahan abad ke-20. Manga tentang robot laki-laki karya Ozamu Tezuka itu pun langsung dibuat ke dalam berbagai versi animasi dan film.

Dilansir dari Variety melalui Anime News Network, Kamis (12/6/2014), pihak Tezuka Production yang mengembangkan karya-karya Osamu Tezuka, sedang berkolaborasi dengan Caribara Animation dari Perancis dan Shibuya Productions dari Monako demi menggarap serial animasi baru Astro Boy.



Mereka akan membuat serial tersebut sebanyak 26 episode dengan durasi setengah jam. Animasinya sendiri menggabungkan teknik 2D dan CG yang pernah diluncurkan pertama kali di International Animation Film Market di Annecy Festival pada Rabu (11/6/2014) lalu.

Serialnya diketahui akan menargetkan anak-anak usia delapan hingga dua belas tahun. Dengan catatan dari pendiri Shibuya Productions, Cedric Biscay bahwa pihak produser memiliki hak untuk menciptakan cerita baru karena Tezuka Productions memiliki kekayaan intelektual dengan franchise tersebut.

Sebuah teaser serial ini kabarnya akan tayang secara perdana pada September 2014. Selain itu, pihak Tezuka Productions dan YTV juga sedang mengembangkan serial Astro Boy versi kecil secara terpisah yang berdurasi lima hingga tujuh menit dalam format edutainment. Serial pendek itu ditargetkan untuk anak tiga hingga lima tahun.

Manga karya Osamu Tezuka yang terbit pada 1952-1968 itu, memang sudah pernah dirombak secara internasional. Studio animasi Hong Kong bernama IMAGI pernah menggarap film animasi komputer Astro Boy dengan Summit Entertainment sebagai distributornya pada 2009. Bahkan, rumah produksi gabungan antara Tezuka Productions dan stasiun televisi Nigeria Chanel TV, membuat sebuah proyek animasi televisi pada awal tahun ini.



Di Jepang sendiri, manga Astro Boy dituangkan menjadi serial televisi anime hitam putih berdurasi setengah jam pada 1963 yang diikuti oleh serial televisi berwarna pada 1980 serta sebuah remake pada 2003.(Rul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.