Sukses

Ada Piala Dunia, Kenapa Bioskop di Brasil Tetap Penuh?

Sejak berlangsung Piala Dunia hampir tiga pekan lalu, sebanyak 3,7 juta orang Brasil tetap menonton film ke bioskop.

Liputan6.com, Brasil Rakyat Brasil memang dikenal gila sepakbola. Tapi, ternyata, mereka juga gila ke bioskop.

Variety, Minggu (29/6/2014) mengabarkan, banyak pihak yang terkejut ketika berlangsung Piala Dunia di negeri berpenduduk hampir 200 juta jiwa itu, bioskop tetap ramai.

Sejak berlangsung Piala Dunia hampir tiga pekan lalu, sebanyak 3,7 juta orang Brasil tetap menonton film ke bioskop.

"Semua orang terkejut," kata Steven Bunnell, seorang petinggi Cinemark, jaringan bioskop terbesar di Brasil dengan 69 lokasi di negeri itu. "Tadinya kami pikir bisnis bioskop akan terkena dampak negatif (Piala Dunia)."

Pengusaha bioskop sudah khawatir bakal sepi karena Piala Dunia. Apalagi, imbuh Bunnell, film aksi blockbuster Hollywood banyak yang ditunda rilis edarnya agar tak bentrok dengan perhelatan Piala Dunia. Ia mencontohkan, film Transformers: Age of Extinction di Brasil baru rilis selewat pertengahan Juli, lebih lama dari negara-negara lain yang edar akhir Juni.

Walau Transformers 4 belum edar, toh rakyat Brasil tetap ke bioskop nonton film-film lain. Dua film Hollywood, The Fault on Our Stars dan How to Train Your Dragon 2 sukses besar di Brasil menghasilkan USD 25 juta atau setara Rp 301 miliar lebih.

"Tim Brasil tidak bertanding setiap hari di Piala Dunia," kata Chris Aronson, petinggi Fox yang mengurus distribusi film.

Alasan Orang Brasil Tetap ke Bioskop

Selain ada Piala Dunia sebulan penuh, rakyat Brasil juga sedang menikmati masa liburan sekolah. Hal tersebut tampaknya berdampak bioskop tetap ramai dikunjungi.

Steven Bunnell mengatakan, pengusaha bioskop sudah memperkirakan bioskop bakal sepi sepanjang kompetisi akbar bola terbesar di dunia. Namun, kenyataannya, jumlah penonton justru meningkat 25 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pengusaha bioskop Brasil pernah mengalami mimpi buruk saat Piala Dunia 2006 berlangsung di Jerman. Kala itu penunjung bioskop turun sampai 40 persen selama penyelenggaraan Piala Dunia.

Mimpi buruk itu tak terjadi tahun ini. Film keluarga dari Disney, Maleficent yang dibintangi Angelina Jolie sudah mengumpulkan USD 24 juta atau setara Rp 289 miliar sejak rilis sehari sebelum pembukaan Piala Dunia.

"Sekarang kami bisa membuktikan, walaupun ada Piala Dunia, penonton perempuan dan keluarga tetap menonton film ke bioskop," kata Aronson.

Analis senior dari Rentrak yang menganalisis box office mencoba memberi jawaban kenapa penonton film di Brasil tetap ke bioskop. "Sesederhana menyajikan tontonan yang berbeda, sebetulnya," kata Paul Dergarabedian dari Rentrak. "Jelas sesuatu yang berbeda sekali bukan antara Piala Dunia dan The Fault in Our Stars?"

Di Brasil, `The Fault in Our Stars` yang rlis di saat Piala Dunia berlangsung berhasil mengalahkan Twilight, The Hunger Games, dan Divergent di pekan pertama rilis.

"Orang-orang tetap ke bioskop walau ada Piala Dunia," kata Dergarabedian. "Mengagumkan dan sangat di luar perkiraan." (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.