Sukses

3 Kali Tolak Academy Award, Pendiri Studio Ghibli Masih Diundang

Hayao Miyazaki masuk ke dalam daftar 271 kandidat yang dipilih oleh The Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Liputan6.com, Tokyo Nama Hayao Miyazaki sudah sangat tidak asing lagi di mata para penggemar anime baik di Jepang sendiri maupun di seluruh dunia. Sempat menolak dianugerahi Academy Award, kini The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) kembali memasukkan namanya.

Dilansir dari Nikkan Sports melalui Tokyo Hive, Minggu (29/6/2014), sang pendiri Studio Ghibli itu masuk ke dalam daftar 271 kandidat yang dipilih oleh The Academy of Motion Picture Arts and Sciences.



Dari 271 orang itu, terdapat empat sineas yang berasal dari Jepang. Selain Hayao Miyazaki (74), terdapat juga nama-nama lain yang ada, seperti produser Toshio Suzuki (65) dari Studio Ghibli, sinematografer Takayanagi Masanobu, dan CEO Toho Masaoka Hiroyasu (48).



Ketiganya akan menjadi anggota resmi Academy Award jika menerima kehormatan paling langka ini. Hayao Miyazaki sendiri sudah tiga kali menolak undangan tersebut. Tahun 2006, menjadi penolakan ketiganya karena saat itu ia masih ingin tetap aktif sebagai sutradara.

Academy Award pernah menganugerahi piala Oscar kepada karya Studio Ghibli yang ditangani oleh Hayao Miyazaki, yaitu Spirited Away untuk kategori Best Animated Film pada 2003.



Hayao Miyazaki baru saja pensiun dari jabatannya sebagai sutradara pada 2013 lalu. Rekannya, Toshio Suzuki juga mengikuti jejaknya dengan mengundurkan diri dari jabatan produser dengan posisi baru, manajer umum.

Komposer musik Studio Ghibli, Joe Hisaishi yang mengisi tema film Spirited Away serta beberapa film Hayao Miyazaki lainnya, sempat diundang ke dalam Academy Award pada tahun lalu.(Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini