Sukses

4 Tokoh Anime Paling Cerdas Sepanjang Masa

Terdapat empat nama tokoh utama anime yang bisa dikategorikan sebagai sosok paling cerdas.

Liputan6.com, Tokyo Kehadiran anime di dunia hiburan memiliki makna dan peran tersendiri bagi masyarakat Jepang dan dunia. Industri paling menjanjikan di Jepang itu pun tak luput dari keunikan para karakternya yang memiliki kepribadian berbeda-beda.

Selama ini, kita mengenal sosok-sosok unik seperti Doraemon, Naruto, atau Son Goku dari anime Dragon Ball. Seiring berjalannya waktu, dibuatlah karakter anime yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.



Akhirnya, beberapa nama pun sempat menjadi idola. Ada yang diangkat dari anime bertema politik, ada juga yang menggunakan unsur detektif dan misteri sebagai konsepnya.

Meskipun beberapa nama diadaptasi dari judul manga, namun pengembangannya saat masuk ke layar kaca menjadi semakin menarik untuk disimak. Berikut nama-nama tokoh utama dari anime populer yang memiliki kecerdasan luar biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Light Yagami (Death Note)

Light Yagami (Death Note)

Tema kematian yang diusung dalam Death Note, menghasilkan karakter cerdas bernama Light Yagami. Memiliki wajah yang tampan dari keluarga harmonis, ambisinya untuk memusnahkan kejahatan saat ia masih sekolah, dipraktekkannya secara brutal.

Bersama malaikat kematian bernama Ryuk, Light yang bermodalkan buku catatan khusus untuk membuat orang lain tewas itu, sempat membuat pihak kepolisian Jepang dan dunia kewalahan.



Kepiawaian Light dalam menutupi jati dirinya untuk menghindari penangkapan setelah ia dijadikan tersangka atas nama Kira, membuatnya layak disebut sebagai karakter anime paling cerdas.

Death Note sendiri diadaptasi dari manga karangan penulis Tsugumi Ohba dan ilustrator Takeshi Obata yang telah diterbitkan sebanyak 12 jilid.

3 dari 6 halaman

Lelouch Lamperouge (Code Geass: Lelouch of the Rebellion)

Lelouch Lamperouge (Code Geass: Lelouch of the Rebellion)

Karakter utama seri Code Geass yang bersetting di era futuristik ini, menjadi salah satu yang tak terlupakan oleh para penggemar anime. Lelouch Lamperouge memiliki kelebihan pada otaknya dalam strategi politik.

Kemampuannya dalam memecah belah bangsa serta melakukan propaganda agar tujuannya tercapai, membuat Lelouch wajib dijadikan sebagai karakter paling cerdas sepanjang sejarah pemutaran anime.



Meskipun sempat menonjolkan sisi antagonisnya, namun Lelouch memiliki sebuah tujuan yang membuat siapa pun kembali bersimpati kepadanya. Ia juga memiliki kemampuan ajaib untuk membuat orang lain patuh kepadanya.

Code Geass diusung oleh studio anime Sunrise dan ditayangkan pertama kali pada 2006. Musim kedua anime ditayangkan dengan tema R2 pada 2008.

4 dari 6 halaman

Kiyomaro Takamine (Gash Bell)

Kiyomaro Takamine (Gash Bell)

Para penggemar manga atau anime Zatch Bell! yang di Indonesia berjudul Gash Bell!, pasti tak asing dengan Kiyomaro Takamine, sang tokoh utama yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Meskipun digambarkan sebagai anak SMP, namun Kiyomaru sanggup melewati berbagai rintangan dan bahaya berkat kecerdasannya. Ia juga digambarkan sebagai siswa paling jenius di sekolahnya.

Bersama pendampingnya, sosok anak iblis bernama Gash yang harus dijaga, Kiyomaro berhasil melakukan perlawanan terhadap penindasan dari beberapa pihak anak iblis lain.

Gash Bell diangkat dari manga karya Makoto Raiku yang sudah diterbitkan sebanyak 33 volume. Kini sang pengarang sedang sibuk dengan manga Animal Kingdom.

5 dari 6 halaman

Conan Edogawa (Detective Conan)

Conan Edogawa (Detective Conan)

Conan Edogawa yang merupakan wujud anak kecil dari detektif muda bernama Shinichi Kudo, merupakan karakter paling populer dan digemari di antara judul-judul anime yang ada.

Kemampuan Conan dalam menganalisa banyak kasus di berbagai cerita, membuatnya sangat layak disebut sebagai tokoh anime paling cerdas sepanjang sejarah.



Wujud kecil Conan yang muncul setelah Shinichi diracuni oleh sebuah organisasi, tidak menghalangi kecerdasannya untuk membongkar setiap kasus yang kebanyakan adalah pembunuhan.

Conan Edogawa sendiri merupakan tokoh utama dari anime Detective Conan, sebuah adaptasi manga karya pengarang Aoyama Gosho yang sebelumnya sempat populer berkat Yaiba. Sejak 1994 hingga kini, Detective Conan sudah diterbitkan sebanyak 83 jilid.

6 dari 6 halaman

Karakter Anime Paling Cerdas Lainnya

Karakter Anime Paling Cerdas Lainnya

Situs Jepang Charapedia yang baru saja melakukan jajak pendapat penggemar anime berkaitan dengan karakter paling cerdas, memiliki nama-nama selain yang sudah disebutkan tadi.

Anime Kuroko's Basketball, memiliki banyak karakter yang dianggap paling cerdas seperti Seijuro Akashi, Shintaro Midorima, Makoto Hanamiya, dan Shoichi Imayoshi. No Game, No Life juga turut dimasukkan karena adanya karakter Shiro dan Sora.



Selain itu, nama-nama populer lain yang juga dipilih antara lain adalah L (Death Note), Armin Arlelt (Attack on Titan), Ami Mizuno (Sailor Moon), Hidetoshi Dekisugi (Doraemon), dan Yuki Nagato (The Melancholy of Haruhi Suzumiya).



Disebutkan juga beberapa karakter dari anime lain seperti Tsubasa Hanekawa (Monogatari Series), Tatsuya Shiba (The irregular at magic high school), Shintaro Kisaragi (Mekakucity Actors), Keima Katsuragi (The World God Only Knows), dan Izaya Orihara (Durarara!!).(Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.