Sukses

Ryeowook Super Junior Protes Larangan <i>Lip Sync</i>

Ryeowook `Super Junior` mengatakan jika lip sync dilarang maka idola hanya akan fokus pada suaranya saja, bukan penampilan.

Liputan6.com, Seoul Sudah menjadi rahasia umum jika beberapa group idol di Korea Selatan melakukan lipsync saat beraksi secara langsung. Menurut hemat mereka, lipsync membuat penampilan sempurna karena mereka bisa fokus pada koreografii dengan mengekspos seluruh energi mereka.

Namun acara musik ternama Music Core membuat kebijakan melarang artis yang tampil menggunakan lipsync. Produser Eksekutif Music Core Park Hyeon Seok mengungkapkan, "artis yang tak menyanyi di atas panggung tak laik tampil dalam Music Core."

Menurutnya, di acara musik, artis atau pengisi acara harus memberikan aksi terbaiknya, tak hanya di sisi tarian saja, tapi juga vokal. "Jika mereka lipsync, sama saja bohong, bisa disebut bukan penampilan langsung," sambung Park, dilansir dari Nate, baru-baru ini.

Ryeowook yang merupakan personel Super Junior pun bereaksi atas kebijakan tersebut. Sebagai idola, Ryeowook memprotes larangan tersebut. Bagi Ryeowook, lipsync juga bagian dari hak seorang artis.

Melalui akun Twitter miliknya, Ryeowook mengungkapkan pemikirannya. Ryeowook mengatakan jika lipsync dilarang maka idola hanya akan fokus pada suaranya saja, bukan penampilan.

"Penampilan sempurna bagi seorang artis, mulai dari lighting hingga sound system adalah elemen terpenting. Idola yang merupakan inti dari aksi langsung pun dengan total haru bisa menguasai panggung, khususnya koreografi," tulis Ryeowook.

"Artis yang melakukan lipsync tentu saja tak dibenarkan. Namun mereka terpaksa melakukan itu semua agar fokus pada penampilan langsungnya. Jika hanya fokus pada menyanyi, dikhawatirkan mereka akan melupkan bagian lain dalam aksi langsung," kata Ryeowook lagi. (Des/Fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini