Sukses

Transformers 4 Segera Jadi Terlaris Sepanjang Masa di Tiongkok

Di tengah minggu ini `Transformers 4` bakal melangkahi Avatar-nya James Cameron

Liputan6.com, Los Angeles Film Transformers ke-4, Transformers: Age of Extinction kembali mencatatkan rekor di Tiongkok. 

Dicatat Hollywood Reporter, Minggu (6/7/2014), pendapatan filmnya sudah melampaui USD 200 juta pada akhir pekan kemarin.

Ini artinya, film tersebut sudah menjadi film terlaris kedua sepanjang masa di Tiongkok, melangkahi film box office Tiongkok Lost in Thailand yang sebelumnya mengisi tempat kedua. [baca: 5 Film Terlaris Sepanjang Masa di Tiongkok]

Hollywood Reporter memprediksi, di tengah minggu ini `Transformers 4` bakal melangkahi Avatar-nya James Cameron (mengumpulkan USD 221,9 juta saat edar 2010 di Tiongkok) dan menjadi film terlaris sepanjang masa di Tiongkok.

Dari seluruh dunia, `Transformers 4` sudah meraih USD 575,6 atau setara Rp 6,8 trilun setelah edar 12 hari. Angka itu bakal bertambah lebih besar lagi mengingat filmnya belum edar di wilayah Amerika Latin dan Eropa yang menunggu laga Piala Dunia selesai.

Tiongkok menjadi penyumbang pendapatan terbesar dengan angka USD 50,9 juta di minggu kedua, hingga totalnya `Transformers 4` sudah meraih USD 212,9 juta dari Tiongkok saja. Angka itu lebih besar dibanding pendapatan filmnya dari kampung halaman sendiri, wilayah Amerika Utara, yang mengumpulkan USD 174,6 juta di minggu kedua. [Baca: Transformers 4 Lebih Laku di Tiongkok daripada di AS]

`Transformers 4` diuntungkan karena filmnya juga edar dalam format Imax. Banyak yang menonton film ini di bioskop Imax yang tiketnya lebih mahal.

Menurut Hollywood Reporter, `Transformers 4` menjadi film yang paling cepat mendapat USD 50 juta dari bioskop Imax. Di Tiongkok saja, pendapatan dari bioskop Imax meraih USD 20 juta, sebuah rekor tersendiri.

Para pengamat box office memperkirakan, hingga akhir masa tayang, Transformers 4 bakal mengumpulkan setidaknya USD 800 juta atau setara Rp 9,5 triliun. (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.