Sukses

Planet of the Apes Ungguli Transformers di Amerika Serikat

Meraup USD 73 juta, film yang merupakan sekuel Planet of the Apes dan Rise of the Planet of the Apes itu sukses merebut posisi pertama.

Liputan6.com, Los Angeles, Amerika Serikat Kisah perjuangan para kera melawan manusia di film Dawn of the Planet of the Apes agaknya berhasil mengalihkan perhatian penonton Amerika Serikat dari kemegahan film Transformers: Age of Extinction yang kini sudah memasuki minggu ketiga.

Meraup USD 73 juta, film yang merupakan sekuel dari film Planet of the Apes dan Rise of the Planet of the Apes sukses merebut posisi puncak dan memastikan kegagalan bagi tiga film baru berbeda genre seperti Tammy (komedi), Deliver Us From Evil (horor), hingga Earth to Echo (found footage/sci-fi) yang kini terperosok ke posisi enam lewat hasil sebanyak USD 5,5 juta.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/540649/big/eric-bana-140113c.jpg

Namun demikian, ketimbang Earth to Echo, Deliver Us From Evil jauh lebih sial karena terpeleset lebih dalam di posisi tujuh dengan pendapatan di bawah USD 5 juta. Sementara Transformers yang sempat menjadi jawara selama dua pekan, kini menempatkan  diri  di posisi dua  dengan hasil yang  melemah hingga USD 16,5 juta.

Berikut daftar lengkapnya:

1. (baru) Dawn of the Planet of the Apes - USD 73 juta
2. (pekan ke-3) Transformers: Age of Extinction - USD 16,5 juta
3. (pekan ke-2) Tammy - USD 12,9 juta
4. (pekan ke-4) 22 Jump Street - USD 6,7 juta
5. (pekan ke-5) How to Train Your Dragon 2 - USD 5,8 juta
6. (pekan ke-2) Earth to Echo - USD 5,5 juta
7. (pekan ke-2) Deliver Us From Evil - USD 4,7 juta
8. (pekan ke-7) Maleficent - USD 4,1 juta
9. (15) Begin Again - USD 2,9 juta
10. (pekan ke-4) Jersey Boys - USD 2,5 juta

Dawn of the Planet of the Apes merupakan film lanjutan dari Rise of the Planet of the Apes dimana manusia terancam oleh bangsa kera yang kepintarannya bertambah setelah dijadikan bahan percobaan.

Bila kembali menyimak lansiran dari Comic Book Movie beberapa waktu lalu, konsep cerita dari Dawn of the Planet of the Apes bisa dibilang semakin masuk akal. Terlebih setelah settingnya mengambil 10 tahun sejak kejadian di film kedua dimana bumi terinfeksi virus berbahaya yang mengurangi populasi manusia secara drastis.

Diceritakan, tidak hanya berdampak buruk pada manusia, virus itu juga turut membunuh bangsa kera sehingga populasi keduanya terus berkurang. Alhasil, lewat kacamata ini, pertarungan manusia dan kera pun mulai terlihat seimbang. Terutama dengan kepintaran dalam hal senjata dan teknologi yang keduanya sudah nyaris mencapai titik yang sama.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/701518/big/dawn-of-the-planet-of-the-apes-posters-photo-lead.jpg

Sebagai penengah, akan ada karakter Malcolm (Jason Clarke) yang berusaha memperjuangkan perdamaian antara kaum kera dengan bangsa manusia. Namun, untuk mencapai misi itu, Malcolm harus melawan Dreyfus (Gary Oldman), pemimpin dari bangsanya sendiri yang  ngotot menghabisi populasi kera di seluruh bumi.

Diketahui, Dawn of the Planet of the Apes sendiri sudah dirilis di Indonesia sejak 11 Juli 2014 kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.