Sukses

Robert Downey Jr. Aktor Berpendapatan Tertinggi, Apa Artinya?

Tantangan utama buat aktor dan aktris Hollywood hari ini adalah, bagaimana membuat dirinya tak tergantikan. Seperti Robert Downey Jr..

Liputan6.com, Los Angeles Melihat rilisan film-film musim panas tahun ini, kelihatan Hollywood saat ini kian fokus membuat film berbujet besar yang tak perlu aktor atau aktris populer.

Tengok saja, Godzilla, Edge of Tomorrow, Transformers: Age of Extinction, atau Dawn of the Planet of the Apes sejatinya bisa dibintangi siapa saja. Tidak harus Aaron Taylor-Johnson, Tom Cruise, Mark Wahlberg, atau Andy Serkis.

Efek khusus dahsyat dan adegan aksi yang spektakuler membutuhkan biaya yang banyak. Penghematan dengan merekrut aktor yang tak terlalu terkenal akan sangat menguntungkan buat studio. Kalau aktor itu bisa digantikan siapa saja oleh aktor lain malah lebih bagus lagi.

Hal itu yang tahun ini terjadi pada franchise `Transformers` (Shia LaBeouf digantikan Mark Wahlberg) dan `Planet of the Apes` (James Franco diganti Jason Clarke). Majalah Forbes menyimpulkan, aktor yang bisa diganti siapa saja tak punya cukup pengaruh untuk menuntut bayaran kelewat tinggi.

Hebatnya Robert Downey Jr.

Maka, tantangan utama buat aktor dan aktris Hollywood hari ini adalah, bagaimana membuat dirinya tak tergantikan, bahkan oleh efek khusus dahsyat ataupun karakter hasil rekayasa digital. Dan orang yang berhasil membuktikan dirinya aktor tak tergantikan adalah Robert Downey Jr.

Senin (21/7/2014), Forbes mengumumkan Robert Downew Jr. di puncak daftar Aktor Berpenghasilan Tertinggi tahun 2014. Forbes memperkirakan kekayaan Downey bertambah USD 75 juta atau setara Rp 863,1 miliar dari Juni 2013 hingga Juni 2014. Angka yang sama diperolehnya tahun lalu. Tahun lalu pula Downey memuncaki daftar ini.

Dikatakan Forbes, Robert Downey Jr. menjadi aktor dengan pendapatan tertinggi saat ini di Hollywood lantaran akan sangat sulit bagi studio film Marvel melanjutkan kisah Iron Man dan Avengers tanpa dia sebagai Tony Stark alias sang manusia besi.

Next page: Daftar 10 Aktor Berpenghasilan Tertinggi 2014

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 10 Aktor Berpenghasilan Tertinggi 2014

Daftar 10 Aktor Berpenghasilan Tertinggi 2014

Film-film Marvel yang ikut dibintangi Downey sudah mengumpulkan USD 4 miliar atau Rp 46 triliun dari bioskop seluruh dunia dan jutaan dollar lagi dari home video, belum termasuk dari penjualan merchandise.

Studio Disney, yang memiliki Marvel, ingin mempertahankan keuntungan itu selama mungkin. Ini artinya, Disney bakal mengabulkan berapa pun yang honor yang diminta Downey. Dilaporkan, Downey sempat menunda bernegosiasi soal honor saat akan membintangi lanjutan The Avengers, Avengers: Age of Ultron. Akhirnya, ia dapat honor lebih besar untuk film tersebut. Film Avengers 2 yang rilis 2015 itu dipastikan bakal sukses, dan Downey pun bakal dapat uang lebih banyak lagi.

Robert Downey Jr. pun kini malah bisa memilih film yang ingin ia bintangi. Tahun ini Downey membantu kawannya Jon Favreau, sutradara Iron Man, memproduseri sekaligus tampil sebagai cameo di film kecil, Chef. Film itu meraih pendapatan USD 25 juta dari seluruh dunia. Lumayan.

Keterangan foto: Chris Hemsworth the next Robert Downey Jr.?

Selain Downey, aktor lain yang membintangi film superhero juga masuk daftar peraih pendapatan tertinggi tahun ini. Chris Hemsworth, yang bermain sebagai Thor di film-film Marvel berada di posisi kelima. Sebagai Thor, Hemsworth juga sulit digantikan aktor lain. Ini artinya, sepreti Downey, ia bisa kian mendapat uang lebih banyak.

Berikut daftar 10 Aktor Berpenghasilan Tertinggi 2014 versi Forbes:

1. Robert Downey, Jr.: USD 75 juta

2. Dwayne Johnson: USD 52 juta

3. Bradley Cooper: USD 46 juta

4. Leonardo DiCaprio: USD 39 juta

5. Chris Hemsworth: USD 37 juta

6. Liam Neeson: USD 36 juta

7. Ben Affleck: USD 35 juta

8. Christian Bale: USD 35 juta

9. Will Smith: USD 32 juta

10. Mark Wahlberg: USD 32 juta

(Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini