Sukses

Film Animasi Sedang Digandrungi di Inggris

British Film Institute (BFI) menemukan bahwa film animasi tercatat telah mengambil alih 20% keuntungan box office Inggris.

Liputan6.com, London Kehadiran genre film animasi di seluruh dunia, menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi para penikmat film. Selain bebas menggambarkan bentuk karakternya, genre ini juga kadang menampilkan cerita-cerita yang sangat unik di dalamnya.

Dilansir dari Digital Spy, Jumat (25/7/2014), belakangan ini genre film animasi ternyata sedang digandrungi di Inggris. Bahkan kabarnya, ini menjadi yang pertama kalinya bagi Inggris dalam menjadikan tema animasi sebagai genre favorit dan terlaris.

Hal ini disadari pertama kali oleh pihak British Film Institute (BFI) yang menemukan bahwa film animasi tercatat telah mengambil alih 20% dari keuntungan box office Inggris sepanjang 2013.

Diketahui, film-film animasi seluruh dunia pada 2013 lalu terhitung meraih pendapatan total sebanyak 247 juta poundsterling atau sekitar Rp 4,8 triliun. Lebih banyak 100 juta poundsterling (Rp 1,9 triliun) ketimbang 2012.

Film-film yang berperan besar dalam mensukseskan genre animasi sekaligus mendominasi pasar Inggris antara lain adalah Despicable Me 2, Frozen garapan Disney, Monsters University, dan The Croods.

Next: Despicable Me 2

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Despicable Me 2

Despicable Me 2

Despicable Me 2 berkisah mengenai mantan penjahat yang menjadi agen rahasia yang sukses besar pada 2013 lalu dan merajai tangga box office Inggris dan Amerika Serikat.

Sutradara Despicable Me 2 dipegang oleh duet Pierre Coffin dan Chris Renaud. Pierre sendiri memiliki darah Indonesia dan merupakan putra dari sastrawan ternama di tanah air, Nh Dini.

Next: Frozen

3 dari 6 halaman

Frozen

Frozen

Film animasi Disney terlaris sepanjang masa ini dibintangi oleh Kristen Bell, Josh Gad, dan Idina Menzel. Frozen mampu melampaui keuntungan film-film Disney sebelumnya seperti Tarzan, Aladdin, hingga Tangled.

Kehadiran Frozen turut meramaikan ajang Academy Awards ke-86 hingga memenangkan piala Oscar untuk kategori animasi terbaik dan lagu terbaik.

Next: Monsters University

4 dari 6 halaman

Monster University

Monsters University

Monsters University merupakan sekuel terbaru dari film animasi 3D terkenal, 'Monsters Inc'. Dua karakter utamanya, Sulley dan Mike kembali dalam film yang berkisah tentang kehidupan para monsters ini.

Film ini pernah merajai tangga box office di beberapa negara dang sempat unggul di atas Man of Steel dan World War Z.

Next: The Croods

5 dari 6 halaman

The Croods

The Croods

Film animasi 3D garapan sutradara Kirk DeMicco dan Chris Sanders ini bersetting di era prasejarah dengan nuansa primitif ala film The Flintstones.

Dikisahkan, pada era yang dikenal dengan nama Croodacious, bumi masih menampakkan keindahan alamnya. Namun pada suatu hari, gempa melanda bumi yang membuat satu keluarga meninggalkan tempat tinggalnya demi mencari tempat baru yang lebih layak disinggahi.

Sang kepala keluarga yang bernama Grug (Nicolas Cage) suatu hari bertemu dengan pengembara bernama Guy (Ryan Reynolds) dan putrinya (Emma Stone) yang membuat keadaan keluarganya menjadi lebih buruk. Para pengembara tersebut melakukan suatu pencarian yang sangat bertentangan dengan prinsip tradisi masa lalu yang dianut Grug.

Next: Komentar BFI

6 dari 6 halaman

Komentar BFI

Komentar BFI

Genre ini bahkan melampaui kemeriahan jenis film komedi, walaupun baru memiliki sekitar 33 judul pada tahun lalu. Padahal, film-film komedi di sana mencapai 153 judul kala itu.

Pimpinan Animation UK, Oliver Hyatt pun membuka suara perihal kesuksesan ini. "Bagian dari keberhasilan film animasi baru-baru ini adalah bahwa mereka menjadi lebih canggih dan menarik bagi khalayak yang lebih luas," ujarnya.

Ditambahkannya, "Tidak ada lagi perasaan bahwa film tersebut hanya untuk penonton muda dan orang dewasa tidak merasa aneh untuk menontonnya lagi."

"Saya akan mengatakan bahwa dalam industri film, animasi telah mengejar ketinggalan selama bertahun-tahun serta media yang matang cukup cepat dan masih ada lagi film-film seperti ini, hingga menciptakan lebih banyak kompetisi, yang sangat baik untuk menaikkan kualitas genre," pungkasnya.

Bahkan, BFI juga menambahkan bahwa total pendapatan box office animasi di Inggris hingga kini telah meraih lebih dari 1 miliar poundsterling (Rp 19,6 triliun) selama tiga tahun berturut-turut.(Rul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini