Sukses

Dul Ahmad Dhani Di-bully Gara-gara Lagu Negara Kacung

Negara Kacung merupakan lagu baru Dul yang seolah menyindir pemerintah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, Dul Jaelani alias Abdul Qodir Jaelani (AQJ) mulai terlihat mewarisi bakat orangtuanya, Ahmad Dhani dan Maia Estianty sebagai seorang musisi. Belakangan ini, ia pun mengunggah lagu berjudul Negara Kacung.

Hanya berisi lagu dan gambar wajah AQJ dari awal hingga akhir, video tersebut diunggah melalui situs YouTube dengan judul AQJ - Negara Kacung (Rough Take) pada 1 Agustus 2014 lalu. Memiliki durasi sepanjang 8.28 menit, alunan musik blues sangat kental di sepanjang lagu.

Sesuai judulnya, Negara Kacung memiliki lirik yang seolah-olah menyindir pemerintah negara Indonesia yang belum kuat dalam memberantas korupsi serta kesenjangan di masyarakat.

AQJ juga menyiratkan bahwa selama ini pemerintah Indonesia masih terbelenggu oleh pihak-pihak asing. "Aku berada di negara kacung, negara kampung.. Hei pemerintah lihatlah pemulung.. Jangan fokus isi lambung..," mengutip salah satu lirik di dalamnya.

Penjelasan video yang diunggah oleh akun YouTube ahmad abdul qodir jaelani tersebut berisi, "Lagu ini adalah Demo dari AQJ (Belum fix dan belum dirilis) yang direkam pada tanggal 24 Juli 2014 - 25 Juli 2014 di Studio Maia... Ciptaan Ahmad Abdul Qodir Jaelani ... Terima Kasih kepada TUHAN Yang Maha Esa ..."

Berikut videonya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuai Kritik

Meskipun menuai cukup banyak pujian, namun tak sedikit juga para pengguna YouTube yang menilai AQJ tidak layak membuat lagu bertema seperti ini. Bahkan, videonya pun lebih banyak mendapat respon negatif dari para haters.

Hingga kabar ini diturunkan, Negara Kacung baru disukai (like) oleh sekitar 200 pengguna. Sedangkan sudah ada lebih dari 900 orang yang tidak menyukainya (dislike). Video ini sudah ditonton lebih dari 17 ribu kali.

Terlebih lagi, beberapa pengguna turut mengungkit kasus kecelakaan oleh AQJ hingga menewaskan tujuh orang. Bahkan, ada juga yang menyindir AQJ untuk membuat lagu terkait kasus kecelakaan beberapa waktu lalu.

Salah satu akun berinisial ARP pun berkomentar, "Harusnya si AQJ bersyukur dia bebas karena negeri ini kacung, kalau bukan negeri kacung, lu sudah ditembak mati, dek."

"Aduuuhhhhh Dul... Seharusnya kamu itu bersyukur sudah terbebas dari hukum. Intropeksi diri mungkin lebih baik, daripada menghina negara sendiri," tambah akun berinisial TN.

Pujian yang ada mengkaitkan cara bernyanyi AQJ dengan Kaka Slank. Bahkan ada juga yang mendukung tema lagu ini hingga menganggap AQJ sebagai penerus Iwan Fals. Terdapat juga pengguna yang memuji suaranya.

AQJ sendiri baru saja resmi dibebaskan dari perkara hukum setelah kasus kecelakaan maut tol Jagorawi yang menewaskan tujuh orang. Majelis hakim memutuskan vonis bebas yang menurut ibundanya, Maia Estianty sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Anak.(Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini