Sukses

Marshanda dan Masa-masa Menjadi Artis Cilik

Sosok Marshanda sendiri dikenal sebagai mantan artis cilik yang sejak kecil sudah bermain sinetron.

Liputan6.com, Jakarta Marshanda kembali membuat kabar heboh. Setelah kasus perceraiannya dengan Ben Kasyafani, kini dirinya dikabarkan mengalami ganguan kejiwaan sampai harus dipasung oleh ibunya Riyanti Sofyan. Sosok Marshanda sendiri dikenal sebagai mantan artis cilik yang sejak kecil sudah bermain sinetron. Yang terkenal dimana dirinya bermain dalam sinetron Bidadari.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Bintang Iklan Sejak Usia 6 Tahun


Jadi Bintang Iklan Sejak Usia 6 Tahun

Marshanda sendiri memiliki nama panjang Andriani Marshanda. Wanita kelahiran Jakarta, 10 Agustus 1989 ini mulai terjun ke dunia entertainmen sejak usia 6 tahun.

Lahir dari pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan (Ibu sekaligus merangkap sebagai manager). Marshanda memiliki dua saudara kandung, yaitu Aldrian (Didi) dan Allysa (Lisya).

Karir Marshanda sendiri secara tidak sengaja dimulai di dunia iklan sejak berumur 6 tahun. Saat itu, wanita yang akrab disapa Chaca menemani tantenya yang merupakan mantan model iklan sebuah sabun ternama, Chintya Rustam.

Saat berada di biro iklan tersebut, Chaca malah diminta untuk ikut casting, sampai akhirnya pada tahun 1997 dirinya terpilih untuk membintangi iklan sebuah bank. Selanjutnya, banyak iklan yang dia bintangi baik untuk keperluan sejumlah iklan TV maupun media cetak.

Sejak kecil, Chaca sebenarnya bercita-cita ingin menjadi insinyur pertanian dan juga menjadi penyanyi. Apalagi dirinya sudah melatih vokalnya sejak kecil dan juga mengikuti les balet.

"Aku mengidolakan Christina Aguilera, Britney Spears dan M2M, sejak kecil aku sudah gemar menyanyi. Aku mengikuti latihan olah vokal dan kursus balet, namun aku masih belum percaya diri dengan kemampuan bernyanyiku," kata Chaca.

3 dari 4 halaman

Sempat Juga Jadi Penyanyi


Sempat Juga Jadi Penyanyi

Chaca sempat ingin mewujudkan impiannya saat dirinya bertemu dengan seorang pencipta lagu anak-anak terkenal, Papa T Bob. Dari sini, Chaca memulai untuk mewujudkan keinginannya menjadi penyanyi.

"Awal pertemuanku dengan Papa T Bob terjadi secara tidak sengaja. Waktu itu aku sering merekam suara sendiri ketika sedang bernyanyi, ibuku yang mendengar merasa suaraku cukup bagus dan kemudian mencoba mengirimku ke sebuah agensi. Entah bagaimana, aku lupa detailnya, namun Papa T Bob tahu dan tertarik. Selanjutnya, Papa T Bob langsung membuatkan dua buah lagu untukku. Kemudian aku masuk dapur rekaman dengan menjagokan lagu "Gantungkan Cita-cita" ciptaan Papa T Bob," kata Chaca.

Sampai akhirnya di tahun 2005, Chaca mengeluarkan album perdananya bertajuk "Marshanda" yang kemudian semakin melengkapkan jabatannya sebagai artis serba bisa.

Di sela-sela kesibukannya menjadi penyanyi, Marshanda juga aktif bermain sinetron. Meski lebih dikenal dalam sinetron "Bidadari" sebagai Lala, Marshanda ternyata mengawali karirnya lewat sinetron "Jinny oh Jinny" pada tahun 1997.

"Tahun 1997 aku mulai ikut casting. Akhirnya dapat sinetron Jinny Oh Jinny. Tapi yang paling melekat memang sinetron Bidadari, tahun 2000 sebagai Lala," kata Marshanda.

Caca memang tak merebut perhatian dalam debutnya itu. Perannya di 'Jinny Oh Jinny' juga tak terlalu menonjol. Tapi semenjak membintangi 'Bidadari' bersama Ayu Azhari, ia langsung meraih bintangnya.

4 dari 4 halaman

Identik dengan Sinetron Bidadari


Identik dengan Sinetron Bidadari

Bahkan, gara-gara karakter Lala, istri Ben Kasyafani itu sempat terjebak identitas. Caca pun sempat kesal lantaran tak ada yang mengenalinya sebagai Marshanda.

"Sempat juga aku sampai bete. Image itu sangat melekat banget di aku, dan aku kayak, 'gue beda, gue bukan Lala kayak gitu, gue Caca, lain banget', sempat ada perasaan gitu. Cuma aku syukurin aja," kenangnya.

Sosok Caca yang berperan sebagai Lala memang begitu dikenal. Maklum saja, dalam sinetron tersebut diceritakan Caca sebagai gadis kecil yang ditinggal mati ibunya dan harus hidup dengan ibu dan saudara tirinya yang jahat. Mereka berdua selalu berusaha mencelakai Lala tanpa sepengetahuan ayah kandung Lala. Untungnya, dalam kemalangannya, Lala mendapat pertolongan dari sesosok peri yang digambarkan berwajah cantik dan baik hati.

Peri inilah yang selalu membantu Lala dalam menghadapi berbagai ulah nakal ibu tiri dan saudara tirinya tersebut. Kepolosan Marshanda dalam peran tersebut, menjadikan daya tarik tersendiri. Sebab, hal itu mendukung karakter Lala sebagai seorang yang teraniaya dan selalu dalam keadaan disalahkan oleh orang sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Marshanda (Gempur M. Surya/Liputan6.com)
    Marshanda adalah artis sekaligus penyanyi yang mengawali karirnya sejak kecil di dunia hiburan Indonesia.

    Marshanda

  • Ben Kasyafani adalah seorang aktor dan presenter lulusan VJ MTV 2007. Ia lahir di Jakarta, 4 Juli 1983.

    Ben Kasyafani

Video Terkini