Sukses

Lagu Milik Shakira Dianggap Melanggar Hak Cipta

Menurut hakim Amerika Serikat, lagu andalan Shakira tersebut dianggap telah melanggar hak cipta karena merupakan hasil jiplakan.

Liputan6.com, Los Angeles Shakira kini sedang mendapat masalah serius. Penyanyi seksi asal Kolombia ini dianggap telah melanggar hak cipta lantaran lagu andalannya berjudul Loca merupakan hasil jiplakan dari seorang penyanyi bernama Ramon Arias Vazquez. Kasus ini ditemukan oleh Hakim Distrik Amerika Serikat Alvin Hellerstein.

Berdasarkan laman Digital Spy, Kamis (21/8/2014), hakim tersebut telah memutuskan lagu Loca Shakira dalam Bahasa Spanyol telah melanggar lagu penyanyi asal Dominika, Ramon Arias. Meski begitu pihak manajemen Arias belum secara resmi mengajukan gugatan atas pelanggaran yang terjadi.

Shakira 'La La La' music video still.

Lagu Loca dalam versi Bahasa Spanyol dimana Shakira berduet dengan Edward Edwin Bello Pou atau lebih dikenal dengan El Cata dirilis pada 2010. Bahkan lagu ini menjadi hits hingga bertengger di puncak tangga lagu Amerika Latin. Single andalan Shakira ini telah terjual hingga lima juta kopi.

"Terdapat suatu perselisihan dimana lagu Loca versi Shakira tersebut sama berdasarkan versi El Cata. Dengan demikian, saya menemukan bahwa siapa pun yang menulis lagu Shakira tersebut secara tidak langsung telah menjiplak lagu dari Arias," ujar Hakim Hellerstein.

Sementara lagu Loca Con Su Tiguere telah lebih dulu diciptakan oleh Arias di era 90'an. Mendengar tuduhan dirinya menjiplak lagu tersebut, El Cata membantah dengan tegas bahwa lagu tersebut merupakan hasil karyanya. Namun hingga saat ini Shakira belum memberikan tanggapan apa pun terkait kasus pelanggaran hak cipta ini.

Simak videoklip lagu Loca Shakira feat. El Cata berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini