Sukses

Menelusuri Penangkapan Wartawan Iran di Rosewater

Rosewater telah ditayangkan di Telluride Film Festival dan ke depannya bakal ditayangkan di Toronto Film Festival.

Liputan6.com, Los Angeles Sosok Jon Stewart yang dikenal sebagai aktor dan presenter acara The Daily Show, belakangan ini telah memulai debutnya sebagai seorang sutradara lewat film yang diangkat dari kisah nyata berjudul Rosewater.



Dilansir dari Ace Showbiz, Jumat (29/8/2014), film tersebut telah ditayangkan di Telluride Film Festival dan ke depannya bakal muncul di Toronto Film Festival pada 8 September 2014.

Rencananya, Rosewater bakal diputar di Amerika Serikat pada 7 November 2014 secara terbatas. Sebuah trailer pun telah diunggah melalui situs YouTube. Diketahui, kisah filmnya akan bertempat di Iran.



Film yang naskahnya ditulis sendiri oleh Jon Stewart ini, diambil dari buku memoar berjudul Then They Came for Me: A Family's Story of Love, Captivity, and Survival oleh jurnalis BBC Maziar Bahari.

Kisahnya mengikuti kiprah Maziar Bahari (Gael Garcia Bernal), wartawan penyiaran berusia 42 tahun kelahiran Teheran yang memiliki kewarganegaraan Kanada namun hidup di London.



Pada Juni 2009, Bahari kembali ke Iran untuk mewawancarai Mir-Hossein Mousavi, penantang utama presiden Mahmoud Ahmadinejad diajang Pemilihan Umum. Pendukung Mousavi pun bangkit untuk memprotes deklarasi kemenangan Ahmadinejad sebelum pemungutan suara ditutup pada hari pemilihan.

Bahari lalu mengalami risiko pribadi yang sangat besar dengan mengirimkan rekaman kerusuhan di jalanan kepada BBC. Ia pun langsung ditangkap oleh polisi Garda Revolusi yang dipimpin oleh seorang pria dengan julukan Rosewater. Sang pemimpin garda itu lalu mulai menyiksa Bahari dan menginterogasi sang wartawan selama 118 hari.



"Mungkin ini bukanlah apa yang diharapkan orang-orang dari saya, ini bukan komedi. Saya berharap orang melihat apa adanya," ungkap Jon Stewart kepada Entertainment Weekly dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.

Trailer yang ada, menunjukkan beberapa adegan dari cuplikan berita dan memperlihatkan bagaimana Bahari berpamitan dengan sang istri sebelum bertugas. Syuting filmnya sendiri dilaksanakan di Yordania.(Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini