Sukses

5 Adegan Duel Terbaik di Film Kungfu

Setelah menimbang-nimbang dengan seksama, inilah lima adegan duel terbaik yang pernah dilahirkan dari film kungfu versi kami.

Liputan6.com, Jakarta Begitu banyak film silat Mandarin alias film kungfu. Maka, begitu sulit menentukan film kungfu mana yang memiliki adegan duel terbaik.

Setelah menimbang-nimbang dengan seksama, inilah lima adegan duel terbaik yang pernah dilahirkan dari film kungfu versi kami.

Adegan-adegan laga berikut dipilih lantaran tak sekadar memperlihatkan perkelahian para jagoan kungfu yang biasa. Syarat utamanya, adegan tersebut harus luar biasa. Adegan laganya juga diambil dari film kungfu berlatar era lampau, bukan modern (maka adegan duel dari film Bruce Lee, Jet Li, atau Jackie Chan dengan setting modern harus menunggu giliran masuk daftar lain).

Tak lupa kami juga mengunggah video duelnya bagi Anda untuk membuktikan sendiri kehebatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Crouching Tiger, Hidden Dragon

5. Duel Chow Yun Fat versus Zhang Ziyi di Pepohonan Bambu (Crouching Tiger, Hidden Dragon, 1999)

Film kungfu dari sutradara Taiwan langganan festival film tentulah menarik perhatian khalayak. Ang Lee berhasil mengawinkan keindahan sebuah film kungfu dengan kisah berbobot khas film festival. Salah satu adegan duel paling dikenang dari film ini yaitu saat Li Mu Bai (Chow Yun-fat) berduel pedang di pepohonan bambu melawan Jen Yu (Zhang Ziyi) sambil memamerkan ilmu meringankan tubuh. Adegan itu dikoreografi begitu indah hingga tak tampak sepreti orang sedang berduel pedang, melainkan seperti sedang berdansa. Chow Yun-fat dan Zhang Ziyi meliuk di antara pepohonan bambu berwarna hijau menyala adalah tontonan menyegarkan yang sulit dilupa.

3 dari 6 halaman

Fist of Legend

4. Jet Li versus Yasuaki Kurata (Fist of Legend, 1994)

Di film, adegan duel ini sebetulnya tak penting dalam arti tak mengganggu jalan cerita. Sebab, andai adegan duel inipun dihilangkan, ceritanya tak ternodai. Namun, tak ayal, duel persahabatan Chen Zen (diperankan Jet Li) melawan jago karate (Yasuaki Kurata) adalah adegan laga terbaik di film Fist of Legend. Kita melihat perkelahiannya tak hanya kungfu lawan karate, tapi juga bagaimana asyiknya mereka berduel dengan menggunakan lingkungan sekitar. Kita melihat mereka berduel dengan mata tertutup sebagai lambang sportivitas. Atau juga kita melihat duel di sini bukan untuk membunuh ataupun mengalahkan lawan, melainkan sebagai saling adu jurus.

4 dari 6 halaman

Fist of Fury

3. Bruce Lee mengobrak-abrik perguruan Karate Jepang (Fist of Fury, 1972)

Sebelum filmnya dibuat ulang dengan Jet Li sebagai bintang utamanya (Fist of Legend, 1994), film aslinya hingga kini sering disebut sebagai film kungfu terbaik yang pernah dibuat. Inilah puncak pencapaian Bruce Lee sebagai raja kungfu di jagat sinema. Salah satu adegan duel paling dikenang di film ini adalah ketika Chen Zen (diperankan Bruce Lee) datang mengobrak-abrik perguruan karate milik Jepang di tanah Tiongkok. Tak sekadar berkelahi dengan tangan kosong, Bruce Lee di bagian ini juga memperlihatkan kebolehannya paling khas: berkelahi denga senjata ruyung (double stick).

5 dari 6 halaman

Drunken Master 2

2. Jackie Chan versus Gang Kapak (The Legend of Drunken Master/Drunken Master II, 1994)

Jamak bagi film kungfu menampilkan adegan duel sang jagoan melawan orang banyak. Di antara sekian banyak adegan macam begitu, duel Jackie Chan di sebuah restoran melawan segerombolan penjahat berkapak adalah yang terbaik. Jackie Chan menggunakan bambu hingga kursi restoran sebagai senjata. Film ini menawarkan skill kungfu sambil tak lupa mengocok perut penonton. Adegan di restoran itu adalah wujud dari konsep utama filmnya. Silakan freeze video di bawah dan bayangkan betapa sulitnya mengkoreografi adegan duel sekolosal ini.

6 dari 6 halaman

Drunken Master 2

1. Duel Terakhir Jackie Chan (The Legend of Drunken Master/Drunken Master II, 1994)

Jackie Chan adalah master yang mengawinkan kungfu dengan kekocakan. Di film-filmnya, Jackie menegaskan hal itu. Duel terakhir yang dilakukan Jackie Chan di film ini pantas disebut sebagai adegan laga terbaik yang pernah muncul di film kungfu. Alasannya, apa yang dirumuskan sebagai kungfu ala Jackie Chan tergambar jelas di sini. Adegan duel yang berlangsung hingga nyaris sembilan menit ini terdiri atas kungfu akrobatik dan humor yang pas. Setengah dari adegan laga di sini Jackie dalam keadaan sadar dan setengahnya lagi dalam keadaan mabuk. Inilah penggambaran jurus kungfu dewa mabuk paling keren yang pernah muncul di film.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.