Sukses

Sutradara Film Ini Himbau Kepala Daerah Jangan Ragu Bikin Film

Sutradara film Erau Kota Raja menghimbau para kepala daerah di Indonesia agar jangan ragu buat film yang mengangkat budaya lokal.

Liputan6.com, Jakarta Sutradara film Erau Kota Raja, Bambang Driaz, menghimbau para kepala daerah di Indonesia agar jangan ragu membuat film yang mengangkat keindahan alam dan budaya lokal. Menurutnya, film bisa menjadi wahana baru dalam mempromosikan sisi pariwisata sebuah daerah.

Bambang memberi contoh yakni dibuatnya film Erau Kota Raja yang bertujuan untuk mendongkrak pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Untungnya, Erau Kota Raja didukung penuh oleh Bupati Kukar, Rita Widyasari.

"Semoga dengan adanya film Erau Kota Raja ini menjadikan contoh juga buat kepala daerah lainnya untuk tidak ragu dan komit untuk membuat film. Karena, sebagai ajang promosi daerah, film terbukti berhasil seperti Laskar Pelangi, Mengejar Angin, Serdadu Kumbang dan film-film daerah lainnya," tutur Bambang di Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Tak dipungkiri, sejak boomingnya Laskar Pelangi (2008), banyak daerah mulai menjadikan film sebagai ajang promosi. Salah satunya ialah Sumatera Selatan yang membuat film Gending Sriwijaya (2013). Daerah lain seperti Bangka Belitung pada akhir tahun lalu juga berencana membuat film untuk mendongkrak sisi pariwisata. Sayang, hingga kini belum ada tindak lanjut dari film tersebut.

"Yang perlu diperhatikan, membuat film jauh lebih murah untuk mempromosikan pariwisata. Dan film memiliki efek domino yang besar merangsang wisatawan untuk datang," pungkas Bambang. (Jul/Fir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.