Sukses

Guru Denny Malik dan Ari Tulang Bawa Tarian Indonesia ke Mesir

Guru tari Denny Malik dan Ari Tulang itu bakal membawa tarian asli Indonesia ke Festival Yalla Indonesia 2014 Mesir.

Liputan6.com, Jakarta Ati Ganda, koreografer senior yang kini eksis membesut sanggar tari Studio 26, berkesempatan untuk memperkenalkan kembali tarian Indonesia ke mancanegara. Kali ini, guru Denny Malik dan Ari Tulang itu bakal membawa tarian asli Indonesia ke Mesir.

Melalui Festival Yalla Indonesia 2014 yang dihelat di Kairo, Mesir, Ati akan menyuguhkan enam tari daerah. Menurut Ati, enam tari daerah hasil karyanya itu merupakan produk perpaduan tari tradisional dan koreografi baru.

"Di sana kita akan suguhkan enam tari yang sudah dikenal sebelumnya tapi kita masukkan koreografi yang belum pernah dilihat sebelumnya," kata Ati Ganda saat ditemui Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (14/09/2014).

Kehadiran Ati dalam festival gelaran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mesir di Kairo ini bukan kali pertama. Sebelumnya, Ati telah mengisi beragam acara kesenian di luar negeri.

"Kalau misi budaya ini bukan kali pertama. Sebelumnya kita sudah sempat tampil di beberapa event internasional dan ini yang kesepuluh," urai perempuan 40 tahun ini.

Enam tarian, berasal dari beberapa tari daerah yang terkenal seperti Jakarta, Bali, Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera Barat dan Jawa Timur. Yakni, Tari Lenggang Nyai, Gandrung, Perang dan Burung Enggang, Gatut Kaca Gandrung, Tari Topeng, dan Zapi Melayu.

"Dalam pagelaran nanti kita pilih tari dan seni musik yang sudah populer, dan dikenal di daerah masing-masing," ujar Ati Ganda sambil tersenyum.

Festival Yalla Indonesia 2014 akan diselenggarakan pada 16-22 September 2014. Selain menampilakan enam tari daerah, pagelaran ini juga menghadirkan beberapa delegasi budaya daerah yang turut dipentaskan. (Gie/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini