Sukses

Film Ben Affleck `Gone Girl` Dipastikan Batal Tayang di Sini

Di AS sendiri, `Gone Girl` yang dibintangi Ben Affleck mendapat rating "R--restricted" atau terlarang bagi penonton di bawah usia 17 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Film teranyar yang dibintangi Ben Affleck, Gone Girl tak bisa disaksikan di bioskop Indonesia.

Selasa (23/9/2014), Liputan6.com memperoleh informasi dari sumber yang dekat dengan kalangan pengedar film memastikan Gone Girl tersebut tak jadi tayang.

Di dunia maya, beberapa hari ini bersliweran rumor `Gone Girl` tak tayang. Penyebabnya belum dipastikan. Lewat akun Twitter-nya, Senin (22/9/2014), pihak 20th Century Fox Indonesia juga memastikan filmnya batal tayang. 

Namun, yang terasa janggal, mengecek laman situs Lembaga Sensor Film (LSF), pada 12 September lalu sudah menyatakan `Gone Girl` lulus sensor dengan nomor 103/DCP/EA/17/09.2019/2014. Film itu dinyatakan lulus sensor untuk kategori penonton 17 tahun ke atas.

Di AS sendiri, `Gone Girl` mendapat rating "R--restricted" atau terlarang bagi penonton di bawah usia 17 tahun menonton sendiri tanpa didampingi orang dewasa. Rating "R" diberikan karena filmnya mengandung kekerasan berdarah, memuat adegan seksual/telanjang yang tampak jelas, serta dialognya mengandung kata-kata makian kasar.

Dalam sistem sensor kita, film untuk kategori 17 tahun ke atas dibolehkan memuat adegan seksual secara proporsional dan edukatif. Begitu juga adegan kekerasan. Film kategori ini juga tidak dibolehkan menampilkan sadisme.

Gone Girl bercerita mengenai seorang pria bernama Nick Dunne (Ben Affleck) yang sudah lima tahun menikah dengan Amy (Rosamund Pike). Setelah Nick kehilangan pekerjaannya, keduanya pun pindah ke Missouri untuk mencari kehidupan baru.

Malang, di saat akan merayakan ulang tahun pernikahan mereka, Amy tiba-tiba menghilang secara misterius. Gawatnya, alih-alih dijadikan saksi, Nick juga dituduh sebagai tersangka. Diceritakan, meski belum tentu terbukti, semua kejanggalan diceritakan mengarah kepada Nick.

Film ini digadang-gadang bakal berbicara banyak di panggung festival film hingga perhelatan awal Oscar tahun depan. Filmnya mendapat skor 85 persen di Rotten Tomatoes hingga dicek Selasa siang, yang artinya sebanyak 85 persen ulasan atas film itu bernada positif. Di AS, `Gone Girl` dijadwalkan rilis 3 Oktober nanti.    

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan "Gone Girl" Batal Tayang

Alasan "Gone Girl" Batal Tayang

Pertanyaannya, kenapa film yang sudah lulus sensor lantas batal tayang?

Hingga ada jawaban pasti. Yang ada hanya dugaan. Dan dugaan yang bisa jadi tepat bila kita mengecek pada sosok sineas `Gone Girl`, David Fincher.

Tahun 2012 silam, film karya David Fincher, The Girl with the Dragon Tattoo batal tayang di Indonesia karena ia menolak filmnya dipotong sensor.

"Pihak film maker-nya tidak mengijinkan filmnya dipotong. Sementara itu, menurut kami ada beberapa hal di film itu yang tidak memungkinkan filmnya bisa tayang di sini," kata Catherine Keng, Corporate Secretary Cinema 21 kala itu pada media.

"Karena tidak ada titik temu, jadinya tidak tayang. Film maker punya kebebasan atas filmnya, sedang Indonesia juga ada aturan dan norma yang berlaku," ujar Catherine.

Saat dimintai keterangan soal `Gone Girl`, Selasa siang, pihak Cinema 21 belum bersedia berkomentar. (Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.