Sukses

Marvel Akhiri Konflik dengan Keluarga Pengarang Captain America

Keluarga Jack Kirby, pengarang Captain America baru saja mengakhiri konfliknya dengan pihak Marvel.

Liputan6.com, Los Angeles Penerbit komik sekaligus studio film Marvel, selama ini ternyata memiliki perselisihan lama dengan keluarga mendiang Jack Kirby, sosok yang dikenal sebagai pengarang superhero Captain America.

Dilansir dari Ace Showbiz, Sabtu (27/9/2014) lalu, Marvel kini telah menyelesaikan konflik tersebut. Pihak studio mencapai penyelesaian secara rahasia dengan melibatkan properti milik sang komikus sebelum kasusnya sampai ke Mahkamah Agung.



"Marvel dan keluarga Jack Kirby secara damai telah menyelesaikan sengketa hukum mereka dan berharap untuk memajukan tujuan bersama dalam menghormati peran signifikan Tuan Kirby dalam sejarah Marvel," demikian sebuah pernyataan bersama oleh kedua belah pihak disebutkan.

Anak-anak Jack Kirby sendiri telah terlibat dalam perang hukum dengan Marvel sejak 2009 ketika studio film dibeli oleh Disney sebesar USD 4 miliar (Rp 48,6 miliar). Mereka pun berusaha untuk merebut kembali hak cipta legenda superhero komik itu agar dibuat berdasarkan pada ketentuan hukum yang berlaku.



Selain itu, pihak keluarga juga berharap agar dalam kondisi tertentu, ketentuan hukum tersebut memungkinkan sang penulis atau ahli warisnya bisa mendapatkan kembali kepemilikan produk setelah memiliki jumlah tertentu selama bertahun-tahun.

Pada Juli 2011, seorang Hakim Distrik Amerika Serikat bernama Colleen McMahon, memutuskan untuk mendukung Marvel, dan setuju dengan studio yang menganggap karya Kirby adalah hasil dari 'pekerjaan yang disewa' di bawah undang-undang hak cipta 1909.



Keluarga Jack Kirby juga kalah dalam kasus mereka pada Agustus 2013 oleh putusan Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Kedua (2d Cir.) di New York.

Jack Kirby yang lahir pada 28 Agustus 1917, wafat 6 Februari 1994 di usianya yang ke-76. Ia pertama kali menciptakan Captain America untuk komik pada 1940 bersama Joe Simon di Timely Comics sebelum menjadi Marvel Comics.

Karakternya sendiri sudah beberapa kali difilmkan, termasuk yang belakangan muncul dalam Captain America: The First Avenger, The Avengers, serta Captain America: The Winter Soldier. Film selanjutnya, Captain America 3 sudah direncanakan untuk tayang pada 6 Mei 2016.(Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.