Sukses

Album Baru Thom Yorke Telah Diunduh 1 Juta Kali

Album baru Thom Yorke berjudul Tomorrow's Modern Boxes telah diunduh sebanyak 1,1 juta kali dalam tempo hanya enam hari.

Liputan6.com, Jakarta
Proyek album solo Thom Yorke berjudul Tomorrow's Modern Boxes yang dirilis melalui BitTorrent pekan lalu telah diunduh sebanyak 1,1 juta kali dalam waktu enam hari saja. Termasuk ke dalamnya adalah unduh berbayar full-album berisi delapan lagu, dan unduh single pertama A Brain in a Bottle, serta video klipnya.
 
Namun sayangnya, angka download fantastis tersebut tidak dapat tercatat ke dalam chart Billboard karena pihak BitTorrent tidak bersedia berbagi data angka penjualan resminya dengan Billboard.
 
BitTorrent adalah layanan berbagi berkas online yang lazim digunakan untuk membagi dan mengunduh file dalam jumlah besar. Penjualan album vokalis band Inggris Radiohead ini adalah pertama kalinya bagi BitTorrent dipakai sebagai sarana pendistribusian musik. BitTorrent diakses oleh 170 juta pengguna setiap bulannya.
 
Album Tomorrow Modern Boxes ini diproduseri oleh produser lama Radiohead, Nigel Godrich. Pembagian keuntungan hasil penjualan melalui BitTorrent ini 10% untuk pihak Bit Torrent, sedangkan 90% sisanya masuk ke kocek Thom Yorke. Sebuah metode bisnis yang adil dan tidak merugikan musisi  bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini