Sukses

Naruto Tamat di Jepang November 2014

Liputan6.com, Tokyo Manga Naruto telah menjadi fenomena tersendiri di kalangan pecinta komik Jepang atau manga. Berjalan di Negeri Sakura sejak 1999 dengan jumlah 70 volume, belakangan tersiar kabar bahwa buah karya Masashi Kishimoto ini akan berakhir.

Dilansir dari Anime News Network, Senin (6/10/2014), berdasarkan pengumuman dari situs resmi majalah Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha, Kishimoto berniat untuk mengakhiri Naruto pada tahun ini.



Rencananya, Naruto akan berakhir selama lima pekan ke depan, tepatnya pada 10 November 2014 di majalah Shonen Jump edisi ke-50 tahun 2014. Pengumuman berakhirnya manga bertema ninja itu, sebelumnya pernah disiarkan pada 2012 oleh Kishimoto sendiri.

Kala itu, Kishimoto hanya memberikan gambaran bahwa serial karangannya tersebut bakal mencapai klimaksnya dan ia sudah memiliki bayangan di dalam kepalanya bagaimana kisah Naruto akan berakhir. Tak lama kemudian di tahun yang sama, Kishimoto mengumumkan bakal mengakhiri Naruto satu setengah tahun ke depan.



Naruto sendiri terbit di Jepang sejak 4 November 1999. Elex Media Komputindo mencetak versi Indonesia untuk manga ini. Pada 2012, Naruto menempati urutan keempat dari 10 judul manga terlaris rilisan Shonen Jump.

Serial tersebut juga telah diadaptasi ke dalam bentuk anime, film animasi, video rumahan, hingga adaptasi video game. Anime Naruto Shippuden yang menjadi musim kedua, masih berjalan di Jepang. Sebuah film animasi bertajuk The Last -Naruto the Movie-, rencananya bakal tayang di Jepang pada 6 Desember 2014.

Di Indonesia, versi anime Naruto dihentikan penayangannya karena dianggap terlalu banyak mengumbar adegan kekerasan serta menonjolkan tampilan darah yang melibatkan karakter usia anak-anak remaja. (Rul/Feb)

Artikel Selanjutnya
5 Laga Timnas Indonesia pada 17 Agustus
Artikel Selanjutnya
TVXQ Akhirnya Kembali sebagai Duo dalam Rangkaian Tur