Sukses

Seleksi 900 Lagu, Rhoma Irama Resmikan Album LCLD

Rhoma Irama mengatakan ada kriteria khusus dalam memilih dan menilai lagu-lagu dangdut yang akan masuk dalam Lomba Cipta Lagu Dangdut (LCLD)

Liputan6.com, Jakarta Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) sepakat bekerja sama dengan Universal Musik Indonesia terkait peluncuran album dangdut bertajuk Lomba Cipta Lagu Dangdut (LCLD) Tingkat Nasional 2013. Dikomandoi raja dangdut Rhoma Irama, PAMMI menyisipkan 13 lagu terpilih dari 900 lagu yang dilombakan.

"Universal Musik Indonesia punya inisiatif untuk promosikan LCLD ini. Kami perdengarkan dulu lagu-lagunya, ternyata mereka tertarik dan ini lagu-lagu eksklusif dari 13 pencipta lagu. Soneta Grup juga ikut dilibatkan dalam penilaian di final," terang Rhoma Irama di kawasan Kampoeng Artis, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (6/10/2014).

Lagu-lagu dangdut baru seperti Oleh-Oleh, Asli Indonesia, dan Dua Pilihan memiliki warna tersendiri. Apalagi, tiap lagu terbaik dinyanyikan oleh pedangdut beken Tanah Air seperti Rita Sugiharto, Erie Susan, Cici Paramida dan Ikke Nurjanah.

Ada berbagai kriteria khusus dari Rhoma untuk memilih dan menilai lagu-lagu dangdut tersebut. Selain harus memiliki aransemen dan harmoni yang bagus, lagu dangdut tersebut juga diwajibkan mengandung pesan positif.

"Kebetulan lagu ini harus punya misi positif, lirik-liriknya yang konstruktif dan membangun secara moril. Dari sisi lain, melodinya juga harus punya bobot, dari artistiknya baru disusul dengan aransemen yang harmoni," kata pelantun Begadang ini.

Dengan materi lagu yang sudah rampung, mantan suami siri Angel Lelga itu optimis jika karya musik dangdut yang baru ini mendapat tempat di hati penikmat dangdut.

"Kami berharap, LCLD ini bisa membangkitkan dan memotivasi kreativitas pencipta di seluruh Indonesia. Sehingga dengan peningkatan kualitas kita meningkatkan kesejahteraan. Dari efek bisnisnya laku atau tidak, itu bonus," pungkas Rhoma Irama.(Ras/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini