Sukses

10 Lagu Nirvana Paling Keren

Berikut adalah 10 lagu terbaik versi Billboard dari band Nirvana.

Liputan6.com, Los Angeles Bukan Nirvana yang menciptakan rock alternatif, namun mereka adalah band yang membuatnya sangat populer dan paling berperan membawanya ke ranah mainstream di tahun 1990-an. 

Trio asal Seattle tersebut memiliki sound tanpa cela, kolaborasi jenius suara kasar Kurt Cobain dan sound gitar "cacat"-nya, dengan gebukan drum Dave Grohl yag konstan, serta permainan bass Krist Novoselic yang membuatnya membaur dalam satu harmoni.

Mungkin tak ada yang tak kenal dengan band grunge yang sudah tergabung kedalam Rock and Roll Hall of Fame ini, hampir semua orang tahu.

Dan berikut adalah 10 lagu terbaik versi Billboard dari band yang dulu pernah merubah wajah MTV berkat lagunya `Smells Like Teen Spirit` serta pernah menggeser Michael Jackson dari posisi juara Billboard 200 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Urutan 10 & 9

 10. Lithium (1992)

Single ke-3 album "Nevermind". Lagu dengan perpindahan bait dan chorus penuh amarah yang tiba-tiba dan cepat. "Lithium" bercerita tentang seseorang yang dipenuhi pikiran bunuh diri.

9. Sliver (1990)

Lagu yang aslinya dirilis sebagai single tanpa album, dirilis ulang di tahun 1992 sebagai bagian dari album kompilasi "Incesticide". Lagu ini cukup sukses di Inggris.

3 dari 6 halaman

Urutan 8 & 7

8. Aneurysm (1996)

Lagu dengan tempo distorsi naik-turun secara konstan yang digeber dari awal hingga akhir, dengan repetisi chorus penuh amarah. Lagu tentang mantan pacarnya, Tobi Vail yang juga seorang musisi.

7. The Man Who Sold The World (1993)

Ini lagu balada yang merupakan lagu daur ulang milik David Bowie di tahun 1970, di-cover oleh Nirvana di tahun 1993 secara unplugged. Tak banyak yang bisa dikatakan tentang lagu ini selain: klasik!

4 dari 6 halaman

Urutan 5 & 6

6. Come As You Are (1992)

Lagu ke-2 Nirvana yang masuk chart top 40 Amerika, ke-2 10 besar Inggris, nomor 32 di Billboard Hot 100, dan no.9 di tangga lagu Inggris. "Come As You Are" adalah lagu Nirvana paling populer setelah "Smells Like Teen Spirit".

5. You Know You're Right (2002)

Lagu yang masuk kedalam album kompilasi "Nirvana" tahun 2002, merupakan lagu terakhir yang direkam oleh band ini, sebelum Kurt Cobain meninggal tahun 1994 karena bunuh diri. Lagu "santai", dimulai pelan lalu dihentak dengan distorsi "cacat" khas Nirvana, menyatu dengan suara kasar khas Kurt yang konstan.

5 dari 6 halaman

Urutan 4 & 3

4. Heart Shaped Box (1993)

Single pertama dari album ke-3 dan terakhir mereka, In Utero. Lagu yang ditujukan untuk sang istri, Courtney Love, menjadi juara di chart Billboard Modern Rock. Track yang tidak terlalu kencang, namun tetap padat penuh distorsi.

3. About A Girl (1989)

Single pertama dari debut album mereka, "Bleach". Lagu ini tercipta setelah Kurt Cobain seharian penuh mendengarkan album milik The Beatles, "Meet The Beatles!".

6 dari 6 halaman

Urutan 2 & 1

2. All Appologies (1993)

Meskipun tidak pernah dirilis secara resmi di Amerika, lagu ini mendapat nominasi Grammy untuk "Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal" dan "Best Rock Song" pada tahun 1995. Rock and Roll Hall of Fame bahkan menganugrahi lagu ini sebagai "lagu yang membentuk Rock and Roll."

1. Smells Like Teen Spirit (1991-1992)

Lagu andalan dari album ke-2 juga album paling sukses Nirvana, "Nevermind". Lagu Nirvana paling terkenal, yang melejitkan nama band pengubah sejarah ini merajai chart sedunia, video klipnya pun diputar terlalu sering di televisi saat itu. "Smells Like Teen Spirit" mencapai posisi no.6 di Billboard Hot 100.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini