Sukses

Benarkah Cita Citata Kalah Populer dari Nomnom Gowes?

Well, jawabannya tidak sederhana. Ini yang sebenarnya terjadi di antara lagu Sakitnya Tuh Disini, dari Cita Citata ke Nomnom Gowes.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video klip parodi kocak beredar di YouTube baru-baru ini. Video itu memparodikan lagu `Sakitnya Tuh Disini` milik Cita Citata. Lirik lagunya berkisah tentang Nomnom Gowes yang dikatakan lebih terkenal setelah menyanyikan lagu milik Cita, Sakitnya Tuh Disini.

Lirik lagu parodinya antara lain:

"Sakitnya tuh di sini, lihat kamu di TV/Sakitnya tuh di sini, pas kena hatiku, lihat kamu lipsingiin lagu aku."

"Ini lagu aku, aku penyanyinya/ Kok kamu yang diundang, yang diajak goyang."

"Sakitnya tuh di sini, di dalam hatiku/lihat kamu yang ngetop, karena lagu aku."

Diceritakan Edho Zell yang mengunggah video klip parodi itu di YouTube, niat awal membuat lagu parodi itu setelah mendengar lagunya di Inbox, acara musik di SCTV. Di situ tampil penyanyi dangdut yang dikatakan bernama Nomnom Gowes.

 

 

Begini dia menulis:

"Pas pertama kali liat n denger lagu ini di inbox gw bingung kok ni penyanyi dangdut nom nom gowes apa nom nom gomes parah amat lipsingnya, terus pada saat nom nom gomes / gowes / gomez ini ngomong n nyanyi kok suara nya bener2 kagak mirip ! dalam hati apaan sih nih !?? ngacooo!

"Awalnya gw bingung, setelah gw browsing2 ehh ternyata ada penyanyi aslinya namanya cita citata yang ternyata orang belum banyak yang kenal.

"Terus gw ngebayangin sakitnya tuh disini versi cita citata, ngeliat si nom nom gomes / gowes / gomez ini di undang di inbox dan terkenal padahal dia yang nyanyi, jadi deh parodinya setelah baca2 komen youtubenya baru sadar kalo ternyata nom nom gomes itu tokoh fiktif dan inbox itu lagi shooting sinetron DDS (Diam-diam Suka--red), double shock! PLOT TWIST!"

Audi Marissa (dok.Liputan6.com)

Pertanyaannya kemudian, benarkah Cita Citata kalah tenar dari karakter Nomnom Gowes di `DDS`?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

`Tipping Point`-nya `Sakitnya Tuh Disini`

Hm, tak sesederhana itu untuk menjawabnya.

Yang harus Anda ketahui dahulu, sebelum dinyanyikan secara lipsync oleh karakter Nomnom Gowes yang diperankan Audi Marissa di sinetron DDS, lagu `Sakitnya Tuh Disini` sudah relatif terkenal.

Terutama di kalangan pecinta musik non-mainstream. Itu lho, mereka yang biasanya menemukan lebih dulu lagu nyeleneh yang asyik untuk kemudian disebarkan secara viral. Kalangan elit ini biasanya jumlahnya sedikit. Golongan ini juga yang pertama menemukan lagu Ayu Ting Ting `Alamat Palsu` dan membawanya populer di ranah mainstream. Pola seperti ini hampir selalu terjadi bila ada lagu dangdut nyeleneh yang populer, mulai dari lagu `SMS` bertahun-tahun lalu, lagu `Keong Racun`, hingga `Alamat Palsu` dan  `Sakitnya Tuh Disini`.     

Pembuat sinetron `DDS` tampaknya kemudian melihat lagu `Sakitnya Tuh Disini`. Dari situ kemudian muncul ide memberikan lagu dangdut yang asyik itu pada Nomnom Gowes.

DDS sinetron yang berating tinggi di SCTV. Saat berkolaborasi dengan `DDS`, maka resmilah lagu itu masuk ke ranah mainstream. Penonton yang lebih awam, terutama mereka yang menggemari sinetron pun akhirnya terpapar virus lagu `Sakitnya Tuh Disini`.

Meminjam istilah Malcolm Gladwell, tipping point-nya `Sakitnya Tuh Disini` terjadi saat muncul di `DDS`. 

Awalnya, memang terkesan Nomnom Gowes yang lebih terkenal. Namun, kemudian orang jadi penasaran juga pada Cita Citata, penyanyi aslinya.

Nomnom Gowes versus Cita Citata menurut Google Trends. (dok. Google)

Hal ini bisa kelihatan dari hasil pencarian di mesin pencari Google. Kenaikan frasa "Cita Citata" di mesin pencari Google mengalami kenaikan hingga 100 persen.

Cita Citata juga kemudian ramai diberitakan media online dan infotainment. Ia malah diajak main sinetron `DDS`.

Dengan begitu, berhakkah kita mengatakan Nomnom Gowes lebih terkenal dari Cita Citata? (Ade/Put).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.