Sukses

Alasan Leonardo DiCaprio Hingga Tom Cruise Belum Dapat Oscar

Apa pada akhirnya Leonardo DiCaprio, Johnny Depp, Will Smith, Tom Cruise, dan Brad Pitt bakal meraih Oscar?

Liputan6.com, Jakarta Kenapa Leonardo DiCaprio, Johnny Depp, Will Smith, Tom Cruise, dan Brad Pitt belum dapat piala Oscar?

Alasannya sama dengan kenapa aktor hebat macam Paul Newman dan Al Pacino baru mendapat piala Oscar di usia senja karier mereka (Newman untuk The Color of Money pada 1987 dan Pacino di tahun 1993 untuk Scent of a Woman)... waktu.

Untuk memenangkan gelar aktor terbaik di ajang Academy Awards atau Oscar bukan hanya akting jempolan. Banyak faktor lain penyebabnya. Kehebohan saat itu, kompetisi, usia saat dapat nominasi Oscar, dan banyak lagi.

Ditulis Huffington Post belum lama ini, Leonardo DiCaprio seharusnya meraih gelar Aktor Pendukung Terbaik di awal kariernya untuk perannya di film What's Eating Gilbert Grape.

Namun, yang menang waktu itu adalah aktor kawakan Tommy Lee Jones untuk perannya yang penuh kharisma di The Fugitive. Bisa juga dibilang, saat itu Ralph Fiennes yang lebih pantas meraih Oscar untuk perannya di Schindler's List.

Leo (di Aviator) juga kalah oleh Jamie Foxx yang berakting sempurna sebagai Ray Charles di Ray. Leo (di Blood Diamond) kalah pula oleh Forest Whitaker di film The Last King of Scotland. Tahun ini, Leo (di Wolf of Wall Street) kalah oleh Matthew McConaughey yang bermain brilian sebagai penderita AIDS di Dallas Buyer's Club.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Johnny Depp

Johnny Depp
Nasib serupa juga dialami Johnny Depp. Sepanjang kariernya yang panjang, Depp sudah menunjukkan kualitas akting yang hebat. Namun, belum sekalipun dia membawa pulang piala Oscar.

Jamie Foxx (di Ray) mengalahkan Johnny Depp (Finding Neverland) dan Leo (The Aviator) pada 2005. Sean Penn (Mystic River) mengalahkan Johnny (Pirates of the Caribbean) pada 2004. Daniel Day-Lewis (There Will Be Blood) mengalahkan Johnny (Sweeney Todd) pada 2008.

Jika dilihat, saat Johnny Depp dapat nominasi Oscar, para aktor yang menjadi lawannya sangat berat. Tahun saat penghargaan Oscar tersebut adalah milik lawan-lawannya, bukan mantan bintang serial 21 Jump Street itu.

3 dari 5 halaman

Will Smith dan Tom Cruise

Will Smith dan Tom Cruise

Will Smith pun bernasib seperti Johnny Depp. Smith sudah dua kali dapat nominasi Oscar. Dia kalah oleh Denzel Washington (Training Day) dan oleh Forest Whitaker (The Last King of Scotland). Saat itu, baik Denzel dan Forest sangat sulit dikalahkan.

Tom Cruise, di lain pihak, harusnya meraih Oscar Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya di Magnolia. Dia kalah oleh aktor gaek Michael Caine yang berakting di film The Cider House Rules. Saat memenangkan Caine tampaknya para juri Oscar sepakat berpikiran begini, "Dia belum memenangkan piala Oscar satupun? ayo beri sekarang saja sebelum dia meninggal."

Tom Cruise meraih nominasi Aktor Terbaik untuk perannya di Born on the Fourth of July dan Jerry Maguire. Dia kalah oleh Daniel Day-Lewis (di My Left Foot) dan Geoffrey Rush (Shine) yang penampilannya lebih gemilang.

4 dari 5 halaman

Brad Pitt

Brad Pitt

Sementara itu, Brad Pitt sudah tiga kali mendapat nominasi Oscar: Twelve Monkeys (Aktor Pendukung Terbaik), The Curious Case of Benjamin Button (Aktor Terbaik), dan Moneyball (Aktor Terbaik). Dia kalah oleh Kevin Spacey (The Usual Suspects), Sean Penn (Milk), dan Jean Dujardin (The Artist). Sekali lagi, saat Brad Pitt dinominasikan, lawan-lawannya terlihat lebih kuat.

Meski begitu, Brad Pitt pernah dapat Oscar. Bukan untuk aktingnya, tapi sebagai produser 12 Years a Slave.

Hanya saja, untuk aktor-aktor yang sudah disebutkan di atas kesempatan untuk mendapat Oscar atas kerja akting mereka takkan tercapai dalam waktu dekat.

5 dari 5 halaman

Jadi, Kapan Mereka Dapat Oscar?

Jadi, Kapan Mereka Meraih Oscar?

Tom Cruise, misalnya, saat ini lebih asyik main film aksi. Dia belum pernah lagi main film independen yang disukai juri festival film semacam Magnolia dahulu.

Yang diperlukan Tom Cruise adalah kembali berkolaborasi dengan sutradara yang jadi kesayangan film-film kelas festival, seperti P.T. Anderson atau David O. Russell. Jika Tom melakukannya MUNGKIN SEKALI ia bakal dapat Oscar.

Tom Cruise sepertinya bakal bernasib seperti mentornya, Paul Newman yang meraih Oscar di usia 60-an tahun. Itu artinya, Tom bakal dapat Oscar sekitar sepuluh tahun lagi.

Will Smith juga akan mendapat piala Oscar. Masalahnya hanya waktu.

Johnny Depp harus mengubah jalur kariernya bila ingin menang Oscar. Dia harus berhenti berperan menjadi sosok nyentrik seperti yang sudah dilakukannya lebih dari satu dekade terakhir. Saat Depp mendapat peran hebat, tak ada yang bisa menghentikannya.

Hal yang sama juga berlaku pada Brad Pitt.

Yang paling berpotensi meraih Oscar dalam waktu dekat di antara yang lain adalah Leonardo DiCaprio. Sudah banyak orang menginginkannya meraih Oscar. Dia juga yang paling banyak dinominasikan dibanding yang lain.

Sekali lagi, semuanya tinggal masalah waktu. Lihat saja Al Pacino dan Paul Newman. Pada akhirnya Leonardo DiCaprio, Johnny Depp, Will Smith, Tom Cruise, dan Brad Pitt akan memboyong piala Oscar ke rumah masing-masing. (Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini