Sukses

Kenalan dengan Grup J-Pop Pemilik Dance `Wakudoki` World Order

World Order adalah grup musik Jepang yang mengandalkan tarian robotik sebagai nilai jualnya dengan iringan musik J-Pop berirama techno.

Liputan6.com, Tokyo Dunia musik Jepang memang terbilang sangat unik jika ditelusuri lebih mendalam. Selain kehadiran berbagai jenis kancah musik seperti enka, visual kei, hingga idol group, salah satu yang cukup populer adalah grup dance. Grup J-Pop World Order memeriahkan kancah musik Jepang yang menyajikan tarian robotik sebagai andalannya.

Apakah itu World Order, dan siapa yang menjadi biang keladi terbentuknya grup dance terpopuler Jepang yang videonya dilihat banyak orang di YouTube ini?

http://blog.gilly.ws/wp-content/uploads/2014/03/World-Order-Nice-Day.gif

World Order merupakan grup dance yang dibentuk sejak 2009. Saat tampil di mana pun, mereka selalu menggunakan gerakan robotik yang koreografinya dibuat sendiri oleh sang penggagas grup, Genki Sudo. Musik yang mengiringi mereka, biasanya perpaduan antara pop dan techno.

Menelusuri sang penggagas lebih dalam, Genki Sudo adalah sosok yang pernah aktif sebagai petarung di MMA (mixed martial arts), yaitu sebuah olahraga tarung full-contact yang memperbolehkan penggunaan teknik menyerang dan bergulat, baik itu saat berdiri maupun posisi jatuh dengan berbagai gaya olahraga tarung hingga seni bela diri.



Meskipun latar belakang Sudo berasal dari dunia bela diri, namun berkat kreativitas yang dimilikinya, grup yang personelnya selalu mengenakan jas berwarna hitam itu pun mampu menjadi salah yang diminati di Negeri Sakura.

Nama World Order berkibar sejak mereka merilis album perdana bertajuk World Order. Di situ, Genki Sudo dan kawan-kawannya langsung menggarap beberapa videoklip unik dengan tarian robotik yang menandakan ciri khas mereka. Video tersebut antara lain adalah World Order, Mind Shift, dan Boy Meets Girl.

Selanjutnya >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

World Order 1

Keunikan World Order bukan hanya berasal dari tarian yang ditawarkan oleh Genki Sudo dan kawan-kawan. Perlu juga dicatat bahwa komposisi musik mereka digagas serta dinyanyikan sendiri oleh Genki Sudo.

Dalam grup ini, Genki Sudo bertindak sebagai vokalis, produser, sekaligus sutradara. Sementara, para personel lainnya hanya bertindak sebagai penari yang mendukung gerakan Sudo. Salah satunya adalah Hayato Uchiyama yang pernah muncul dalam videoklip milik band Sakanaction dan penyanyi Kimura Kaela. Yusuke Morisawa, Akihiro Takahashi, Masato Ochiai, Takashi Jonishi, serta Ryuta Tomita adalah nama-nama personel lainnya.



Gaya tarian ciptaan Genki Sudo itu, tak lepas dari gerakannya saat melakukan koreografi sebelum masuk ke dalam arena pertarungan saat menjadi peserta UFC (Ultimate Fighting Championship). Ia juga dikenal dengan gerak kakinya yang cekatan.

Selain mengenakan kemeja dan jas hitam, para personel World Order juga selalu memiliki gaya rambut yang terkesan rapi layaknya seorang karyawan. Hal itulah yang membuat mereka mendobrak anggapan bahwa menari sangat sulit dilakukan dengan kostum semacam itu.

worldordersuitdancenodi.gif

Beberapa video pun tidak melulu berlokasi di Jepang. World Order Juga pernah berkunjung ke Amerika Serikat. Salah satunya adalah untuk syuting videoklip lagu Imperialism. Di situ, mereka melakukan gerakan robot khasnya di depan US Capitol dan Gedung Putih.

Selanjutnya >>

3 dari 3 halaman

World Order 2

Pada 2012, mereka merilis sebuah album bertajuk 2012 yang di dalamnya terdapat video untuk lagu-lagunya, termasuk The History of Voice, 2012, dan  Machine Civilization. Di tahun yang sama World Order juga meluncurkan single Find the Light/Permanent Revolution.

Jika Anda mengunjungi YouTube, hampir semua videoklip hasil unggahan akun World Order telah dilihat lebih dari 1 juta kali. Beberapa waktu lalu, mereka turut mengunggah video-video baru melalui YouTube seperti Last Dance, This Is Life, dan Have A Nice Day.



Dalam Have `A Nice Day`, mereka menampilkan berbagai macam hal yang menjadi kebanggaan Jepang, salah satunya adalah idol group AKB48. Di situ, para personelnya mengunjungi sekaligus melakukan tarian unik di dalam teater yang berlokasi di Akihabara itu. Bahkan, beberapa member AKB48 pun turut ditampilkan. Sementara di adegan lain, mereka sempat menari di depan para cosplayer yang berlokasi di pinggiran jalan.

Selain video serta lagu milik sendiri, World Order juga sempat mempopulerkan sebuah tema unik bertajuk Wakudoki yang diunggah akun YouTube Toyota Asia Pacific. Video iklan itu, memiliki dua versi, yaitu Jungle Wakudoki dan Beach Wakudoki yang sama kocaknya.



World Order memang bukanlah grup yang menggunakan instrumen musik ataupun boyband yang mengandalkan wajah tampan. Namun bagi para penggemarnya, Genki Sudo dan kawan-kawan telah melekat di hati karena sukses membuat terobosan baru di dunia permusikan, khususnya kancah J-Pop. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.