Sukses

BALINALE 2014: Serunya Nonton Layar Tancap di Mal

Pemutaran film di ajang Bali Internasional Film Festival (Balinale) 2014 dilakukan di area terbuka mal Beach Walk, Kuta, Bali.

Liputan6.com, Bali
 
Keunikan penyelenggaraan Bali International Film Festival 2014 atau Balinale 2014 adalah pertunjukan free open air cinema, atau pertunjukan film di tempat terbuka alias layar tancap. 
 
Pemutaran film dilakukan di area terbuka mal Beach Walk, Kuta, Bali. Penonton terlihat sangat nyaman dan menikmati film sambil lesehan, tiduran di kursi malas. Aneka makanan pun menyertai penonton di area terbuka ini. Setiap pertunjukan disaksikan tidak kurang dari 150 penonton.
 
Pemutaran cuplikan film Garuda Superhero, Selasa (14/10/2014) sore lalu misalnya, justru bisa menyedot perhatian penonton karena dilakukan di tempat terbuka. Interaksi dengan penonton lebih mudah dilakukan. 
 
Beragam pertanyaan dilontarkan tanpa rasa sungkan, benar-benar tak berjarak antara penonton, pembuat film dan artis yang hadir di lokasi. Julia Perez yang menjadi salah satu pemain di film ini, pun cukup berhasil membuat penonton lebih nyaman dan tak malu-malu dalam mengajukan pertanyaan. 
 
Setelah pemutaran `Garuda Superhero`, area terbuka yang disebut sebagai Beach Walk Wooden Deck ini pun kembali riuh. Jadwal pemutaran film Obama Mama, Selasa (14/10/2014) malam, ternyata dinanti banyak penonton. Film `Obama Mama` yang dirilis Mei 2014 lalu, menjadikan Balinale 2014 sebagai tempat untuk premier internasionalnya. Film dokumenter-drama `Obama Mama` bertutur dari sudut pandang ibu Presiden Barack Obama, Ann Dunham. 
 
Menurut Director Balinale 2014 Deborah Gabinetti, pertunjukan di tempat terbuka memang merupakan upaya panitia Balinale 2014 mendekatkan film dengan penontonnya. Selain itu, dengan pemutaran di tempat terbuka, memudahkan akses penonton. Mereka tidak perlu bersusah-susah harus masuk gedung bioskop. 
 
"Ini belajar dari pengalaman penyelenggaraan selama tujuh tahun sebelumnya. Bahwa penonton kadang tidak peduli dengan program yang sudah ada. Nah, dengan pemutaran di area terbuka, mereka tinggal duduk dan memilih film. Dan nyatanya mereka antusias," ungkap Deborah yang mendirikan Balinale bersama Christine Hakim ini.
 
Open Air Cinema kebanyakan memutar film-film dokumenter, namun karena film-filmnya berkelas, penonton pun antusias. Area Wooeden Deck Beach Walk yang semua tempat pengunjung mal lewat dan menjadikan sebagai area meeting point, menjadi area nongkrong nonton bioskop. 
 
Masih banyak film-film berkelas yang akan diputar  di Wooeden Deck Beach Walk. Sebut saja The King of Size, Oney Anwar yang akan digelar pada Sabtu (18/10/2014). 
 
Tahun lalu festival film ini dihadiri 6000 penonton. Tahun ini, Balinale 2014 menargetkan untuk melampauinya. Bioskop area terbuka alias layar tancap menjadi salah satu daya tariknya.(Ade/Mer)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.