Sukses

6 Kartun Jepang yang Cerminkan Jiwa Kepemimpinan

Anime seru apa saja yang memiliki tema kepemimpinan dan patut menjadi cerminan bagi para penonton?

Liputan6.com, Tokyo Kepemimpinan dalam sebuah kelompok, komunitas, hingga negara, tentu sangatlah dibutuhkan. Sehingga, banyak biografi tokoh pemimpin yang diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Dari beberapa yang ada, terkadang diangkat pula tokoh fiksi dari komik, novel, hingga kartun.

Hal itu tak lepas juga di Indonesia yang terkadang mengangkat kisah para tokoh besar ke dalam layar lebar. Terlebih lagi, Tanah Air kita belakangan ini baru saja merayakan pelantikan presiden baru, Joko Widodo untuk periode 2014-2019.

Di Jepang sendiri, banyak serial kartun atau anime yang mengangkat tema kepemimpinan melalui beberapa judul. Sebagian besar memang ditujukan bagi penonton remaja dan dewasa, meski beberapa masih aman untuk ditonton anak-anak.

Melihat perkembangan yang sudah ada, maka cukup menarik jika kita kupas sedikit anime seru apa saja yang mencerminkan jiwa kepemimpinan dan sempat menjadi inspirasi di negaranya. Berikut judul-judul yang menjadi pilihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Code Geass

Code Geass

"Jika raja tidak memimpin, bagaimana dia bisa berharap anak buahnya mengikuti?"

Potongan kalimat tersebut ada di dalam anime Code Geass garapan perusahaan Sunrise yang sempat populer pada 2006 hingga 2008. Karakter Lelouch Lamperouge yang menjadi tokoh utama adalah sosok yang menyuarakannya.

Anime ini memang memiliki nuansa yang cukup berat jika ditonton oleh anak-anak. Terutama, tema yang diangkat di dalamnya sangat kental dengan hal-hal berbau politik.

Kisahnya sendiri berfokus pada Lelouch yang merupakan seorang pelajar dengan ambisi besar untuk menjadi pemimpin di balik identitas rahasianya dengan sebutan Zero. Kepemimpinan Zero dalam melakukan pemberontakan di bawah tirani yang kejam, menggerakkan banyak orang untuk mengikuti jejaknya.

3 dari 7 halaman

Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann

Mengusung tema pertarungan antar robot, Tengen Toppa Gurren Lagann menjadi salah satu anime populer pada 2007 lalu.

Kisahnya sendiri bermula dari dua orang sahabat dari lingkungan bawah tanah yang ingin berkelana ke dunia luar setelah mereka menemukan robot misterius tanpa disengaja.

Anime ini dianggap unik dalam sepanjang sejarah genre mecha (mesin) karena di akhir cerita, robot yang mereka kendarai memiliki ukuran lebih besar dari matahari.

Salah satu dialog yang cukup menggugah datang dari tokoh bernama Kamina, "Jangan percaya dengan dirimu. percayalah kepadaku. Percaya kepadaku yang mempercayaimu!"

Meskipun tokoh Kamina sangat disukai oleh para penggemar, namun kiprah kepemimpinan justru dijalani oleh tokoh protagonis lainnya, Simon. Dari situ, terdapat berbagai filosofi terkait tata cara menjadi seorang pemimpin di sebuah lingkungan yang besar.

4 dari 7 halaman

Gash Bell

Gash Bell

Gash Bell yang di Jepang memiliki judul asli Konjiki no Gash!!, merupakan salah satu buah karya dari manga karya Makoto Raiku. Kisahnya mengenai pertempuran antar anak iblis di bumi dalam rangka memperebutkan tahta untuk menjadi raja di dunia iblis.

Meskipun memiliki desain karakter yang imut, namun anime Gash Bell punya beragam filosofi kepemimpinan yang cukup menggugah.

Salah satunya adalah kutipan mengenai kewajiban seorang raja yang ada di klimaks cerita manga. Salah satu karakternya mengatakan bahwa seorang raja harus melayani dan dekat dengan rakyatnya. Kutipan tersebut tentu sangat erat dengan dunia nyata yang kita tempati saat ini.

5 dari 7 halaman

Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka

Karakter Eikichi Onizuka yang menjadi sentral cerita Great Teacher Onizuka (GTO), sarat dengan nilai-nilai kepemimpinan positif di luar caranya yang terkesan urakan dan semaunya.

Onizuka yang berprofesi sebagai guru, selalu memberikan pesan-pesan moral kepada para murid dan rekan-rekan di sekolahnya mengajar. Padahal, ia sebelumnya pernah menjadi pemimpin sebuah geng.

Jiwa kepemimpinan diperlihatkan oleh sang tokoh utama itu ketika masalah besar muncul. Caranya mengorganisir dalam memecahkan masalah dilakukannya secara jantan.

Contohnya adalah saat beberapa murid mengalami kesulitan. Onizuka meminta agar para murid bersikap tenang. Namun secara diam-diam, ia bergerak menyelesaikannya dengan cara yang jitu. Kepemipinan Onizuka yang luar biasa, terbawa sejak masa SMA saat ia masih menjadi kepala geng Onibaku.

6 dari 7 halaman

One Piece

One Piece

Sosok Monkey D. Luffy yang menjadi sentral cerita anime One Piece, diakui oleh banyak penggemar sebagai karakter yang mencerminkan jiwa kepemimpinan secara unik namun menarik untuk diamati.

Kiprahnya sebagai seorang kapten bajak laut yang ingin menjadi penguasa lautan, membuahkan sikap teladan tersendiri kala ia memimpin teman-temannya yang merupakan kru bajak laut Topi Jerami pimpinannya.

Di beberapa bagian cerita, terdapat filosofi seorang pemimpin yang sudah seharusnya disikapi pada saat masalah melanda mereka. Salah satunya adalah ketika seorang krunya, Usopp memutuskan untuk hengkang karena perbedaan pendapat mengenai nasib kapal pertama mereka, Going Merry.

Dari situ, ia bersikap layaknya pemimpin besar. "Kamu harus tenang dan mendengarkan, bukannya berteriak!" ujarnya kepada Usopp yang masih ingin mempertahankan Going Merry, padahal tersebut sudah rusak parah.

7 dari 7 halaman

Attack on Titan

Attack on Titan

Tema yang diusung dalam anime Attack on Titan memang penuh dengan tragedi dan kekacauan. Namun, ada beberapa filsosofi kepemimpinan yang patut untuk diikuti dalam buah karya Hajime Isayama ini.

Salah satunya adalah pengorbanan beberapa karakter yang menjadi pemimpin pasukan ketika menantang maut dengan menghadapi para raksasa yang mengancam kehidupan umat manusia.

Tak hanya itu, karakter utama anime ini, Eren Yeager juga terkadang menonjolkan sikap kepemimpinan sejati. Ia bersedia mengorbankan nyawanya demi bisa mengurangi korban jiwa meskipun pada akhirnya selamat karena Eren memiliki gen para raksasa. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.