Sukses

Kutukan di Balik Lagu Hits, Percayakah Anda?

Banyak yang percaya kalau lagu-lagu populer bisa mendatangkan kutukan bagi penciptanya, benarkah demikian?

Liputan6.com, Jakarta Dewasa ini, terdapat jutaan lagu yang memiliki ragam tema di Tanah Air. Tak melulu soal cinta, beberapa di antaranya pun banyak yang bercerita tentang keadaan politik, sosial, hingga hal - hal yang berkaitan dengan masa depan.

Uniknya, kalau mendengar cerita dari para penikmat musik, ternyata banyak yang percaya kalau  lagu-lagu populer  bisa mendatangkan  kutukan bagi  pencipta maupun  penyanyinya.

Perbincangan pun jadi semakin seru dengan beberapa kejadian di dunia musik yang lantas  dikait-kaitkan dengan mitos itu. Termasuk kepergian drummer Avenged Sevenfold, Jimmy Sullivan yang konon memiliki hubungan dengan lagu Fiction miliknya.

-

(Mendiang Jimmy Sullivan, kepergiannya banyak dirindukan para penggemar Avenged Sevenfold)

Kalau di Tanah Air, ada juga cerita rumahtangga penyanyi dangdut Ayu Ting Ting yang katanya mirip dengan lagu Alamat Palsu yang dipopulerkannya.

Pertanyaannya, apakah para musisi kita juga percaya dengan mitos tersebut?

"Kalau mitos sih saya kurang percaya, kalaupun terjadi, itu kebetulan namanya," komentar Ariel NOAH soal mitos tersebut.

"Memang ada yang namanya kekuatan kata-kata, tapi itu juga tergantung kekuatan otak  dari setiap orang juga. Jadi asal nggak terlalu dibawa serius, saya rasa sih itu nggak akan terbawa ke kehidupan nyata," lanjutnya.

NOAH, Ketika Peterpan Berevolusi Seperti Seharusnya

(Ariel NOAH, salah satu pencipta lagu-lagu hits di Tanah Air)

Senada dengan Ariel, vokalis Marvells, Yanna juga memiliki pandangan yang sama. Menurutnya, kalaupun terjadi, semua itu tak lebih dari sekedar kebetulan.

"Nggak percaya, gua bikin lagu Pemenang sampai sekarang ngga menang-menang tuh," jawab Yanna sembari tertawa.

Dikabarkan Bubar, Marvells Malah Bikin Album Baru

(Marvells Band, ide-ide bermusiknya banyak datang dari perjalanan hidup)

Ditambahkan juga oleh sang gitaris, Idea Fasha, rata-rata musisi kebanyakan membuat lagu dari hal - hal yang sudah terjadi.  Karena itu, rasanya aneh kalau lagu tersebut lantas bisa menjadi kenyataan.

"Bukan kutukan namanya, tapi nasib. Kebanyakan orang kan kalau bikin lagu karena udah kejadian,"  tambahnya.

Jadi, masih percaya kalau lagu hits bisa menjadi kenyataan?

12022014-indraprasta.jpg

(Indra Prasta, memotivasi lewat lagu-lagu berlirik lara)

"Kalau saya kadang-kadang (percaya) sih, makanya sekarang lebih  suka nulis lagu  yang menguatkan walaupun ceritanya getir. Dan sesedih apapun ceritanya, tetap harus ada unsur tangguhnya," pungkas vokalis The Rain, Indra Prasta yang saat ini tengah sibuk menyiapkan single Gagal Bersembunyi.(Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.