Sukses

Raina, Band yang Siap Menerangi Musik Indonesia

Raina diambil dari bahasa Jawa kuno, Rino yang artinya siang. Lagu Terus Mencoba menjadi andalan mereka dalam memotivasi banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran sejumlah band baru di tanah air tak lepas dari peranan beberapa musisi mancanegara yang mempengaruhinya. Raina selaku band yang tengah meramaikan blantika musik Indonesia pun turut menjadi bagian itu, namun dengan semangat untuk memotivasi setiap individu di tanah air.

Berawal dari keisengan mereka di tengah lowongnya jadwal kuliah, Daniel (vokal) pun membentuk sebuah band kampus. Setelah ia merasa kalau mengisi waktu luang saja tidak cukup, akhirnya diajaklah Rifale (bass) dan Thoriq (gitar) ke dalam bandnya. Sejak itu, nama Raina pun menjadi sebutan bagi band mereka.



"Nama Raina itu diambil dari bahasa Jawa kuno, dari kata Rino yang artinya siang. Maksudnya kami ingin agar selalu menjadi terang," ujar Daniel saat diwawancarai Liputan6.com di SCTV Tower belum lama ini.

Dalam bereksperiman di dunia musik, Raina sempat berganti-ganti style. "Memang dulu kami sempat terinspirasi gaya Korea. Tapi itu cuma sekedar penampilan. Untuk urusan musik, biasanya kami berangkat dari jalur Britpop," tambah Daniel.



Selain beberapa lagu andalan seperti Terlalu Mencintai, Thank You, dan Baru Terasa, Raina juga memiliki sebuah lagu jagoan bertajuk Terus Mencoba yang ditujukan sebagai penyemangat bagi anak-anak muda Indonesia agar lebih berprestasi.

"Lagu Terus Mencoba memang seolah dibuat untuk atlet olahraga Tanah Air, termasuk Tim Nasional sepakbola kita. Tapi sebetulnya lagu itu lebih ditujukan kepada semua insan yang ada di Indonesia. Intinya adalah supaya semua orang Indonesia pantang menyerah dalam melakukan sesuatu," ungkap Daniel.



Raina memiliki jadwal panggung yang cukup tinggi. Mereka pernah tampil sebagai band pembuka konser Christian Bautista serta satu panggung bersama Ello dan The Dance Company. Namun diakui bahwa Sheila on 7 menjadi pengaruh besar mereka.

Mengenai arah musik Raina ke depan, dengan sangat tegas Daniel menyatakan, "Kami bertiga sudah nyaman di jalur Britpop. Kalaupun ada di luar musik tersebut, tentunya itu sudah beda proyek lagi. Kalau tema dan lirik, inspirasi bisa didapat dari mana saja."



Di beberapa pernyataan, Raina memang mengaku terinspirasi grup K-Pop CNBLUE dan sempat menggarap lagu berjudul Saranghaeyo (I Love You). Akan tetapi, nuansa Britpop jelas sangat mendominasi band yang dirintis sejak 2009 ini. Kalau tidak percaya, dengarkan saja kumpulan karya mereka yang terangkum dalam Story Album. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini