Sukses

Maher Zain Dukung Penghargaan Pengungsi Nansen Lewat Lagu One Day

Maher Zain merilis sebuah lagu yang didedikasikannya untuk Nansen Refugee Award Ceremony (Penghargaan Pengungsi Nansen).

Liputan6.com, Jenewa Siapa yang tidak kenal Maher Zain, penyanyi Swedia keturunan Libanon? Berbekal lagu-lagu rohani Islam miliknya, ia mampu menghipnotis banyak pecinta musik dunia. Belakangan, Zain merilis sebuah lagu yang didedikasikannya untuk Nansen Refugee Award Ceremony (Penghargaan Pengungsi Nansen).

Kepedulian Maher Zain terhadap penghargaan bentukan UNHCR (Komisi Tinggi PBB untuk Para Pengungsi) yang ditujukan untuk seluruh organisasi pembela kemanusiaan itu, diekspresikannya dengan lagu bertajuk One Day. Irama lembut nan sendu menghiasi setiap bait dan liriknya.

Lagu One Day memang sengaja ditulis Zain untuk menghormati para pengungsi di seluruh dunia. Bahkan, ia menyanyikannya secara eksklusif dalam Upacara Penghargaan Pengungsi Nansen di Jenewa, Swiss yang sudah memasuki tahun ke-60.



Maher Zain sendiri dianggap sebagai salah satu tokoh publik yang mendukung UNHCR. Baru-baru ini, ia melakukan perjalanan ke Lebanon untuk menyaksikan kerja dari tangan pertama UNHCR dengan para pengungsi Suriah.

Diketahui, upacara dibuka oleh Rodrigo dan Gabriela, para pemain gitar Meksiko yang diakui kehebatannya di dunia internasional. Rokia Traore, penulis lagu dari Mali yang juga diakui di dunia internasional pun turut menyumbangkan lagunya di malam itu.

Organisasi yang meraih penghargaan kemanusiaan dari UNHCR pada 2014 ini adalah Butterflies with New Wings Building a Future asal Kolombia. Mereka bekerja sebagai relawan tanpa menerima upah apapun, namun bersedia mengorbankan segalanya untuk menegakkan hak asasi perempuan serta menyelamatkan anak-anak yang tersiksa.



Organisasi ini diwakili oleh 3 orang perempuan, yaitu Gloria Amparo, Maritza Asprilla Cruz, dan Mery Medina. Usaha mereka juga diakui dalam membantu lebih dari 1000 korban pemindahan secara paksa, kekerasan, dan penganiayaan terhadap perempuan, remaja, dan anak kecil, terutama kekerasan seksual terhadap perempuan.

Setelah dianugerahi Penghargaan Pengungsi Nansen, Butterflies with New Wings Building a Future mendapatkan hadiah sebesar USD 100.000 (Rp 1,2 miliar). Mereka pun berharap mampu membangun sebuah rumah yang aman untuk orang-orang yang sangat membutuhkan.



One Day karya Maher Zain pun akhirnya menjadi penghargaan khusus tersendiri bagi kerja keras organisasi tersebut. Diketahui, lagunya dirilis oleh Awakening Records, anak perusahaan dari Awakening Worldwide yang berbasis di Inggris dan memiliki kantor operasional di Amerika Serikat serta Mesir.

Awakening Records saat ini mewakili lima artis top dunia, yaitu Maher Zain (Swedia), Mesut Kurtis (Makedonia), Hamza Namira (Mesir), Raef (Amerik Serikat), dan Harris J (Inggris). Sebelumnya, label tersebut juga menaungi Sami Yusuf, Irfan Makki, dan lain sebagainya.

Kiprah Maher Zain dimulai sejak 2009 dengan merilis album Thank You Allah dan single Palestine Will Be Free. Pada 2010, ia semakin tenar setelah meluncurkan single Insha Allah. Ia kemudian merilis album keduanya pada 2012 yang bertajuk Forgive Me. (Rul/Feb)

Berikut rekaman video Maher Zain saat membawakan lagu One Day di Upacara Penghargaan Pengungsi Nansen:



Lirik Lagu One Day:

Lying here wide awake on my own now
Silence is the loudest cry
I'm safe but I've lost everything I've known
I can smile because the pain has gone
But cry because it's where i'm from
God I turn to You to make me strong again

One day I can reach that rainbow
Watch the sweet reflection
Shining off my first home
I'd give anything to see my family again
And say how much I love them
That's all I imagine
One day

I wish I could go back tomorrow
If it's only for just one second
Put warmth back into a town that's frozen
I can smile because the pain has gone
But cry because it's where i'm from
God I turn to You to make me strong again

One day I can reach that rainbow
Watch the sweet reflection
Shining off my first home
I'd give anything to see my family again
And say how much I love them
That's all I imagine
One day

I have cried so many times
And all those tears have washed my eyes
I see clearly into the light
'Cause I believe
I know one day I'll be home again
To start a new life, with peace everywhere
Right from the start until the end
I believe

That one day
I can reach that rainbow
Watch the sweet reflection
Shining off my first home
I'd give anything to see my family again
And say how much I love them
That's all I imagine
One day, one day
I believe that one day
One day

Ditulis oleh: Paddy Dalton, Maher Zain, dan Moh Denebi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini